7 Tips Cara Memulai Bisnis Cuci Sepatu dari Awal Modal Kecil

bisnis cuci sepatu

Mengawali bisnis dari awal tidak semudah yang dibayangkan. Ada banyak perencanaan yang harus dilakukan sebelum memulai suatu bisnis. Termasuk memulai bisnis cuci sepatu. Meskipun secara persaingan tidak terlalu ketat karena masih sangat jarang yang melakoni jenis bisnis ini, akan tetapi untuk melakukannya juga perlu pertimbangan serta perencanaan yang matang.

Bisnis cuci sepatu termasuk dalam jenis bisnis laundry yang masih jarang ada. Rata-rata bisnis laundry sepatu ditemukan di kota-kota besar. Hal ini dikarenakan sepatu yang biasanya dilaundry adalah jenis sepatu bermerk dan membutuhkan perawatan ekstra. Sayangnya tidak semua bisa mencuci dan merawat sepatunya sendiri sehingga membutuhkan jasa cuci sepatu.

Bisnis cuci sepatu bisa dimulai dengan modal kecil. Hanya saja perlu keahlian dari seorang pebisnis yang ingin menjalankan bisnis ini, setidaknya harus mengerti cara mencuci sepatu yang benar. Kalaupun ingin merekrut karyawan, pastikan karyawan yang dipilih merupakan seorang kolektor sepatu atau setidaknya mengerti cara mencuci sepatu yang baik dan benar. Biar bagaimanapun, memulai sebuah bisnis yang jarang ada seperti jasa cuci sepatu ini ada tipsnya.

Baca Juga: 14 Usaha yang Menjanjikan di Masa Depan Untung Berlipat Ganda

Tips Memulai Bisnis Cuci Sepatu dengan Modal Kecil

1. Mempertimbangkan Prospek Bisnis

Tidak hanya terbatas pada bisnis skala besar saja, apabila ingin memulai bisnis sekecil apapun itu tentu harus dipertimbangkan prospek kedepannya. Jika seseorang telah memutuskan untuk memulai suatu bisnis, tentu akan mengharapkan keuntungan yang kontinu dalam jangka panjang. Namun apabila dilihat dari prospeknya saja sudah tidak begitu menjanjikan, sebaiknya jangan diteruskan. Melihat prospek membutuhkan waktu yang cukup lama dan harus disertai dengan analisis yang cukup matang supaya bisnis bisa berhasil.

2. Menentukan Target Pasar

Menentukan Target Pasar
(Sumber: Merahputih.com)

Selayaknya bisnis laundry biasa, pasti ada yang khusus untuk laundry baju, ada juga yang khusus untuk laundry karpet, kasur, dan seterusnya. Begitupula dengan laundry sepatu. Saat memulai bisnis ini disarankan jangan tergoda untuk menargetkan semua pemilik sepatu, karena jangkauannya terlalu luas dan akan menyulitkan pelaku bisnis. Sebaiknya pilih jenis sepatu secara spesifik, apakah sepatu untuk anak sekolahan dan mahasiswa, atau sepatu branded, atau sepatu kulit, dsb.

3. Menyusun Strategi Marketing yang Efektif

Ada banyak sekali tantangan untuk bisnis yang baru dirintis, salah satunya adalah strategi marketing. Pilihan promosi memang banyak, tapi tidak semuanya efektif. Tentunya harus disesuaikan dengan target marketnya. Jika target marketnya adalah kalangan anak muda seperti mahasiswa, maka strategi yang efektif adalah melalui platform online terutama media sosial.

4. Menyiapkan Modal Awal

Memulai bisnis cuci sepatu tidak harus dengan modal besar. Terlebih dahulu lakukan perhitungan dan perincian terkait apa saja alat dan bahan yang dibutuhkan, berapa biaya promosi, berapa biaya sewa tempat apabila memang harus menyewa tempat, biaya operasional selama 3 bulan pertama, biaya karyawan, dana darurat, dan lain-lain. Dari perincian itulah akan diketahui berapa besar modal yang dibutuhkan untuk mengawali bisnis ini.

Baca Juga: Jenis-Jenis Barang yang Cocok Dijual Online dan Laris Manis

5. Memilih Alat dan Bahan yang Berkualitas Baik

Memilih Alat dan Bahan yang Berkualitas Baik
(Sumber: Shoesandcare.com)

Alat dan bahan dengan kualitas baik tentu akan berdampak positif terhadap pelayanan yang diberikan kepada pelanggan. Jika ingin pelanggan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan, maka pebisnis harus sedikit berkorban dengan menyediakan budget lebih untuk membeli alat dan bahan yang sudah banyak direkomendasikan.

6. Membangun Personal Branding di Medsos

Personal branding memiliki fungsi yang sangat penting bagi yang baru mengawali bisnis. Terlebih media sosial menjangkau lebih banyak orang daripada teknik promosi offline. Sehingga apabila ingin bisnis diketahui oleh banyak orang, maka jangan lupa untuk lakukan personal branding di media sosial.

7. Memahami Ilmu tentang Merawat Sepatu

Memahami Ilmu tentang Merawat Sepatu
(Sumber: Blogsederhana.web.id)

Aspek terpenting yang harus dipersiapkan untuk memulai bisnis cuci sepatu adalah memahami ilmu tentang teknik merawat sepatu. Pelanggan tentu berekspektasi bahwa dengan menggunakan jasa laundry sepatu, maka sepatunya akan dapat terawat dengan baik. Maka dari itu untuk menghindari kekecewaan para pelanggan, pemilik bisnis sudah harus paham dan menguasai teknik merawat sepatu dengan benar. Dengan begitu pelanggan yang puas dengan pelayanan yang diberikan, pasti akan menjadi pelanggan setia bisnis tersebut.

Cara Membersihkan Noda Sepatu Membandel

Pemilik bisnis cuci sepatu tentu tidak akan terhindar dari macam-macam request pelanggan terkait sepatu mereka. Salah satunya membersihkan noda sepatu membandel. Para pemilik sepatu pasti akan mendapati keluhan pelanggan ini setidaknya sekali. Karena pemilik sepatu biasanya tidak ingin repot-repot membersihkan noda membandel di sepatunya sendiri dan lebih memilih untuk menggunakan jasa laundry sepatu.

Lantas bagaimana cara membersihkan noda membandel di sepatu dengan efektif?

  1. Lakukan pengidentifikasian terhadap jenis media dan bahan sepatu yang akan dibersihkan. Tidak semua bahan kimia pembersih sepatu cocok digunakan, ada sebagian bahan kimia tertentu yang justru dapat merusak sepatu, seperti membuat warnanya luntur atau bahan sepatunya jadi rusak. Oleh karena itu lakukan chemicals identification terlebih dahulu yakni dengan melakukan uji coba menggunakan cotton bud. Bahan kimia tersebut dinilai aman apabila tidak terjadi reaksi berupa rusaknya warna dan bahan sepatu.
  2. Selanjutnya adalah mengidentifikasikan jenis peralatan yang cocok digunakan. Ada sepatu yang aman menggunakan sikat kasar, tapi untuk sepatu dengan permukaan berbulu misalnya, tentu akan membuat bahan sepatu menjadi rusak. Oleh karena itu penting halnya melakukan tools identification, terutama memilih jenis sikat yang sesuai dengan media sepatunya.
  3. Terakhir adalah proses utamanya. Yakni berupa metode dalam mencuci sepatu untuk menghilangkan noda membandel. Antara lain wet clean method, dry clean method, hingga dry & wet method.

Baca Juga: Strategi Bisnis Laundry Kecil-Kecilan, Rumahan dan Kantoran

Tantangan Bisnis Cuci Sepatu

Bisnis cuci sepatu memang memiliki prospek yang cerah di masa depan. Hal ini dikarenakan berbagai pertimbangan. Di antaranya jumlah jasa laundry sepatu masih sangat jarang ditemui, modal awal yang  tidak harus besar, bisnis jangka panjang, serta tingginya demand dari para pemilik sepatu.

Hanya saja tentu dalam suatu bisnis ada tantangan yang harus dihadapi. Tantangan yang biasa dihadapi oleh pemilik bisnis cuci sepatu adalah kompetitor serta ekspektasi pelanggan. Persaingan dengan kompetitor tentu tak dapat dihindari lagi. Oleh karena itu pemilik bisnis harus dapat bekerja dengan cerdas. Seperti dengan memilih teknik promosi yang efektif, dan menawarkan point of sales dibanding harga murah.

Point of sales jauh lebih efektif daripada memberikan harga yang lebih murah dari harga yang diberikan oleh kompetitor. Point of sales itu sendiri dapat berupa pelayanan yang ramah, memberikan garansi, bonus dan diskon, dsb.

Selain itu tantangan lainnya adalah berasal dari ekspektasi pelanggan. Tidak sedikit pelanggan yang berekspektasi bahwa sepatunya akan kembali dalam keadaan seperti baru setelah dilaundry. Padahal  sepatu juga ada masa usangnya, terutama karena usia dan masa pemakaian yang sering.

Demikian tips cara memulai bisnis cuci sepatu dari awal modal kecil. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like