10 Tips Membangun Bisnis Buah Segar yang Laris

Bisnis Buah Segar

Berawal dari suka makan buah, mungkin Anda pernah berpikir untuk membuka bisnis buah segar. Sebenarnya, buah segar adalah salah satu produk yang diminati dan memiliki banyak konsumen. Namun, banyak juga orang yang bingung bagaimana cara memulai usaha buah segar.

Sebelum membuka bisnis, Anda harus pastikan bahwa belum ada banyak toko buah segar di lingkungan tempat tinggal atau lokasi usaha yang diinginkan. Walaupun sudah ada, Anda harus bisa mengetahui kelebihan yang dimiliki dibandingkan dengan pesaing usaha buah segar lainnya.

Tips Membangun Bisnis Buah Segar

Di mata konsumen, toko buah segar yang diminati adalah toko yang menyediakan berbagai macam buah dengan harga yang murah dan berkualitas. Berikut ini terdapat beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk memulai usaha buah segar, yaitu:

Baca Juga : 5 Tips Sukses Memulai Usaha Toko Listrik

1. Kualitas Buah-Buahan

Bisnis Buah Segar
(Sumber: Pinterest.com)

Hal yang paling penting ketika akan membuka usaha buah segar adalah pastikan bahwa buah-buahan yang akan dijual berkualitas baik, bersih, dan segar. Hal ini dikarenakan banyak toko buah yang berjualan buah dengan kualitas yang kurang bagus bahkan cenderung buruk.

Jika pembeli menyadari hal tersebut, tentu saja pembeli tidak ingin berbelanja ke toko tersebut. Jangan sampai heran mengapa tidak ada pembeli yang datang ke toko buah milik Anda. Bisa saja hal tersebut dikarenakan kualitas buah-buah yang tidak bagus.

2. Mengetahui Strategi yang Tepat Berjualan Bisnis Buah Segar

Produk yang berbeda membutuhkan strategi berjualan yang berbeda juga. Untuk memulai usaha buah segar, Anda harus mencari tahu cara berjualan, pasokan, cara promosi, dan pengetahuan lainnya. Resource atau sumber adalah salah satu hal utama dalam bisnis buah segar

Awalnya mungkin Anda akan merasa sulit menemukan supplier atau penyedia buah segar yang ideal. Oleh karena itu, Anda harus bisa mencari supplier yang paling sesuai dengan keinginan Anda. 

Selain itu, untuk membuat toko buah yang dijalankan lebih menonjol dibandingkan yang lainnya juga cukup sulit. Hal ini dikarenakan sudah ada banyak kios atau toko buah segar di lingkungan sekitar.

3. Menentukan Pangsa Pasar yang Sesuai

Sebelum memulai bisnis, Anda harus tahu target pasar yang akan dituju. Apakah pasar yang diinginkan merupakan ibu rumah tangga, mahasiswa, pegawai kantoran, atau pangsa pasar lainnya. 

Jika sudah mengetahui pangsa pasar yang dituju, maka Anda lebih mudah melakukan kegiatan promosi maupun penjualan produk buah segar.

4. Menentukan Lokasi Usaha Buah Segar yang Tepat

Salah satu faktor suksesnya toko buah segar adalah lokasi toko untuk berjualan. Pastikan bahwa Anda membuka toko buah di tempat yang strategis, mudah terlihat, dan banyak dilalui orang. 

Contoh tempat strategis adalah lokasi yang dekat dengan target pasar yang dituju, dekat perkantoran, sekar area perumahan, dekat sekolah, pinggir jalan raya, dan lokasi lainnya.

Jika Anda menargetkan pegawai kantoran sebagai konsumen, maka bukalah toko di dekat area perkantoran. Lahan parkir yang memadai juga menjadi salah satu kelebihan yang disukai oleh konsumen yang ingin berbelanja di toko buah.

5. Menyediakan Buah yang Lengkap

Bisnis Buah Segar
(Sumber: Indiamart.com)

Untuk menarik konsumen berbelanja di toko buah, maka Anda harus bisa menyediakan buah segar yang lengkap. Tidak hanya satu jenis atau beberapa jenis buah-buahan saja, lebih baik jika Anda bisa menawarkan buah lokal maupun impor yang bervariasi. 

Biasanya setelah melihat ada banyak buah segar yang tersedia, konsumen yang tadinya ingin membeli buah tertentu saja jadi ingin membeli lebih banyak jenis buah.

Baca Juga : Trik Rahasia Cara Buka Usaha Jus Buah Kekinian Paling Laris

6. Penataan Buah-buahan yang Rapi dan Menarik

Setelah menyediakan buah yang lengkap, Anda juga harus bisa menata buah-buahan tersebut dengan rapi dan menarik. Tidak hanya ditata saja, Anda juga bisa menambahkan pembungkus supaya buah terlihat lebih higienis dan menumbuhkan keinginan konsumen untuk membeli. 

Penataan buah-buahan yang terlihat warna-warni dan enak dipandang juga bisa menjadi salah satu trik yang bisa Anda terapkan. Selain itu, Anda juga perlu menghias toko buah supaya terlihat menarik dari luar. 

Jika toko buah terlihat menarik, bersih, dan modern calon pembeli juga akan merasa tertarik untuk mendatangi toko buah milik Anda.

7. Pelayanan Terbaik untuk Konsumen Buah Segar

Bisnis Buah Segar
(Sumber: Freepik.com)

Supaya barang dagangan yang dijual bisa laris di pasaran, maka Anda harus bisa memberikan pelayan yang baik dan memuaskan. Misalnya, toko buah milik Anda menawarkan harga yang lebih murah dibandingkan pesaing. Selain itu, kualitas buah juga lebih bagus tanpa ada cacat. 

Pelayanan terbaik yang Anda berikan kepada konsumen akan membuat konsumen merasa puas telah berbelanja di toko Anda. Jangan sampai Anda melayani pembeli dengan ketus, karena pembeli akan kapok dan kecewa telah membeli buah-buahan segar di toko Anda. 

Selalu pastikan bahwa timbangan yang dipakai selalu akurat, harga yang ditawarkan terjangkau, kualitas buah selalu baik agar konsumen senang.

Hal-hal yang buruk hanya akan membuat pembeli tidak ingin melakukan pembelian uang. Jika ingin sukses berjualan buah segar, Anda memerlukan pelanggan tetap dalam jumlah yang banyak.

8. Kegiatan Promosi

Sesudah berhasil membuka toko buah segar, Anda juga harus bisa mengenalkan usaha kepada masyarakat secara luas dengan promosi. Terdapat dua cara promosi yang bisa dilakukan, yaitu promosi secara offline dan online

Hingga saat ini, promosi buah segar yang paling banyak dilakukan adalah promosi offline dari mulut ke mulut. Cara promosi ini masih bisa dikatakan sebagai cara yang efektif. 

Biasanya, pelanggan yang merasa puas dengan kualitas dan pelayanan Anda akan memberitahu orang-orang di sekitarnya. Bahkan, terdapat suatu survey yang menerangkan bahwa satu orang yang memiliki banyak teman di sekitarnya memiliki kemampuan mempengaruhi 500 orang. 

Oleh karena itu, jika mengecewakan satu orang, maka artinya ada 500 yang bisa Anda kecewakan. Sebaliknya jika satu orang merasa puas, maka bisa saja 500 orang lain datang menjadi konsumen baru. 

Dengan begitu, maka sangat penting bagi seorang pebisnis untuk memastikan kepuasan konsumen. Untuk promosi secara online, Anda bisa memanfaatkan Google Bisnisku untuk mempromosikan usaha buah segar ke lokasi yang dekat dengan Anda. 

Selain itu, untuk memperluas jangkauan pasar Anda juga bisa mencoba berjualan buah secara online, misalnya melalui Whatsapp atau di marketplace.

9. Jangan Bergantung dengan Orang Lain

Jika Anda baru memulai usaha tidak usah terburu-buru untuk merekrut karyawan. Pahami dan pelajari terlebih dahulu bisnis yang akan dilakukan. 

Jika Anda belum memahami mengenai usaha buah segar yang akan dilakukan, namun sudah menyerahkannya kepada orang lain bisa saja Anda dicurangi.

Apabila memang harus merekrut karyawan, pilih orang yang memiliki etika kerja baik dan bisa dipercaya. Selain itu, jaga hubungan dengan baik agar karyawan bisa bekerja sepenuh hati.

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Bunga Hias Modal Kecil Untung Besar

10. Mengembangkan Usaha Buah Segar

Setelah usaha berjalan dengan baik, Anda juga bisa membuat usaha tersebut semakin besar. Misalnya, menyediakan beberapa bahan yang mendukung dan cocok dijual di toko buah, seperti susu, sirup, mayones, dan sebagainya. 

Selain itu, Anda juga bisa menambah produk buah frozen supaya konsumen memiliki banyak pilihan. Apabila ada banyak pilihan buah di toko, konsumen juga akan lebih memilih toko yang lengkap.

Sebenarnya bisnis buah segar bisa laris dengan cepat asalkan kegiatan promosi yang dilakukan tepat. Salah satunya adalah Anda harus bisa memberikan yang terbaik untuk konsumen, supaya secara tidak langsung merekomendasikan toko milik Anda.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like