Rahasia Sukses Cara Bisnis Bitcoin Tanpa Modal untuk Pemula

Bisnis Bitcoin

Bitcoin banyak dikenal sebagai mata uang digital yang dapat digunakan untuk investasi masa depan. Merebaknya bisnis bitcoin saat ini tidak bisa dilepaskan dari fakta bahwa uang kripto ini memiliki peluang yang sangat menjanjikan.

Cara Mendapatkan Bitcoin Tanpa Modal

1. Menerima Bitcoin dari Orang Lain

Sama seperti uang konvensional, bitcoin dapat digunakan sebagai media pembayaran dalam transaksi jasa ataupun barang.

Sejalan dengan perkembangan teknologi, bitcoin sudah bisa ditransfer atau dicairkan dalam bentuk uang tunai. Proses transaksi transfer dapat diselesaikan menggunakan Bitcoin Wallet Address. Jadi, salah satu cara untuk memperoleh bitcoin tanpa modal ialah dengan menerima bitcoin dari orang lain melalui bitcoin wallet.

Salah satu bitcoin wallet atau tempat penyimpanan aset digital yang terpercaya di Indonesia adalah Indodax. Silahkan membuat akun Indodax di https://indodax.com/register.

2. Mining Bitcoin

Mining Bitcoin
(Sumber : Investopedia.com)

Mining bitcoin tidak dapat dilakukan secara individual. Namun, menambang uang digital ini cukup fleksibel, sehingga bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Jika tertarik untuk melakukan mining, pengguna butuh support software dan hardware yang mumpuni. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui dan memahami perangkat seperti apa saja yang dibutuhkan dalam kegiatan ini.

Silahkan mempelajari beberapa hal mengenai mining bitcoin secara lengkap melalui media video seperti youtube dan lain sebagainya. Skill pemograman dan pengetahuan tentang software dan hardware sangat penting dimiliki.

Baca Juga: Trik Hebat Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Tanpa Modal

3. Airdrop

Airdrop adalah sebuah strategi marketing dimana suatu perusahaan akan memberikan cryptocurrency secara cuma-cuma setelah seseorang menyelesaikan tugas yang diberikan.

Misalnya saja, seseorang harus mem-follow akun Twitter perusahaan, meretweet beberapa postingan, bergabung ke dalam sebuah grup sosial media, membagikan postingan di facebook, dan lain sebagainya. Nantinya, upah cryptocurrency yang didapatkan bisa ditukarkan ke rupiah melalui beragam situs exchanger seperti Indodax, Binance dan Wallet terpercaya lainnya.

4. Afiliasi Bitcoin

Afiliasi bitcoin umumnya berupa link yang dapat dipakai untuk mempromosikan sesuatu. Ketika para pengguna memasang link afiliasi pada website mereka, akan ada imbalan berupa bitcoin di setiap impresinya. Beberapa afiliasi populer terkait dengan bitcoin adalah Indodax, Binance, Huobi, Triv.co.id dan beragam situs exchanger lainnya.

Tips Mining Bitcoin

Walaupun prosedur mining tampak rumit untuk dilakukan, namun pengguna bisa memperoleh sedikit kemudahan dengan tips-tips menambang bitcoin berikut ini.

1. Tentukan Hardware

Pengguna harus menentukan jenis hardware seperti apa yang akan digunakan untuk mining. Salah satu jenis hardware yang dapat dipilih adalah custom Bitcoin ASIC chips.

Sebagai alternatif, pengguna juga bisa menggunakan Cloud Mining. Yang mana hardware ini berkemampuan untuk menyederhanakan proses mining. Sayangnya, resiko yang dihasilkan cukup besar. Pasalnya, pengguna tidak memiliki kendali atas hardware yang dimilikinya dan hanya akan mengandalkan hal tersebut pada pihak ketiga. Atau pengguna dapat menggunakan jenis hardware lainnya seperti GPU, prosesor, dan kartu grafis.

Setelah itu, pengguna hanya perlu mengunduh software khusus untuk menambang Bitcoin. Adapun beberapa software yang paling populer digunakan ialah BFGminer dan CGminer.

Atau bisa juga menggunakan GUIminer yang lebih mudah untuk dioperasikan. Software GUIminer juga sudah support kartu grafis AMD, NVIDIA, dan CPU mining. Disamping itu, software GUIminer menawarkan fasilitas tambahan berupa daftar mining pool untuk pada penggunanya.

2. Bergabung ke Mining Pool

Mining pool adalah kelompok penambang bitcoin yang menyatukan sumber dayanya dalam memecahkan blok baru menggunakan kekuatan pemrosesan. Hasilnya akan dibagi secara merata sesuai dengan kekuatan pemrosesan dari masing-masing individu.

Adanya mining pool jelas akan memudahkan para penambang bitcoin. Pasalnya, tanpa adanya jaringan ini, seorang penambang hanya memiliki peluang kecil untuk dapat menghasilkan sebuah blok dan menambang bitcoin dalam satu tahunnya.

Pengguna dapat bergabung pada jaringan mining pool seperti KanoPool, BTC.com, F2Pool, SlushPool, AntPool, BitMinter, dan masih banyak lagi lainnya.

3. Siapkan Bitcoin Wallet

Pengguna perlu memiliki dompet bitcoin untuk menyimpan hasil penambangan bitcoin dari jaringan mining pool. Pelaku mining dapat menggunakan dompet bitcoin pada operasional cloud seperti Coinbase, Blockchain, atau Xapo.

Nantinya, bitcoin akan dikirimkan kepada para penggunanya melalui vanity address atau alamat dengan kata unik yang hanya dimiliki oleh seorang pengguna.

Salah satu hal terpenting dalam mempersiapkan dompet bitcoin adalah memastikan tingkat keamanan yang dimilikinya. Pastikan agar Bitcoin Wallet aman dari berbagai potensi pencurian oleh para peretas.

4. Update Berita Bitcoin

Selalu update perkembangan tentang berita bitcoin terkini untuk memudahkan pengguna dalam membaca peluang mining.

Baca Juga: Situs Freelance Terbaik dan Favorit Masa Kini Wajib Coba

Cara Trading Bitcoin

1. Daftar Exchange dan Verifikasi ID

Daftar Exchange dan Verifikasi ID
(Sumber : Help.indodax.com)

Temukan sebuah platform exchange yang akan digunakan misalnya Indodax. Kemudian, registrasikan sebuah akun pada platform tersebut. Setelah proses registrasi dilangsungkan, pengguna harus melakukan prosedur Know Your Customer, Verifikasi Identitas atau KYC untuk memverifikasi kebenaran identitas pengguna.

Pada proses ini, pengguna perlu mengunggah foto pribadi dan foto KTP. Proses ini penting untuk dilakukan guna menghindari adanya potensi penipuan atau akun-akun fiktif.

Ketika dokumen-dokumen yang dibutuhkan sudah diunduh, pengajuan akun pengguna akan diverifikasi dalam kurun 1×24 jam oleh platform exchange terkait. Untuk lebih lengkapnya silahkan baca bantuan mengenai verifikasi Indodax melalui laman berikut https://help.indodax.com/id_ID/category/verifikasi-akun/.

2. Deposit

Kemudian, pengguna dapat melakukan deposit untuk memulai prosedur trading. Deposit sendiri bisa berupa aset kripto yang sebelumnya telah dikumpulkan. Atau bisa juga dengan menggunakan uang fiat atau mata uang yang berlaku seperti rupiah yang dikonversikan menggunakan exchange dengan layanan transaksi fiat to crypto.

Untuk deposit uang fiat, pengguna dapat memilih metode pembayaran sesuai dengan preferensi masing-masing. Beberapa jenis pembayaran yang diizinkan adalah transfer bank, kartu kredit, dan layanan e-wallet.

3. Strategi Trading

Terdapat beberapa strategi sederhana yang biasanya diterapkan dalam proses trading. Yakni day trading, swing trading, dan scalp trading. Keseluruhan strategi tersebut dibedakan dari time frame yang digunakan saat melakukan trading.

a. Day trading

Merupakan strategi jual beli aset yang dilakukan pada hari yang sama atau beberapa kali dalam sehari.

b. Swing trading

Strategi yang berfokus pada bisnis bitcoin untuk mengambil keuntungan-keuntungan kecil dalam jangka pendek, juga memotong kerugian secara lebih cepat. Meskipun nominal keuntungan yang diperoleh tidak banyak, namun cara ini cukup ampuh hadirkan profit besar dalam jangka panjang.

c. Scalp trading

Scalp trading merupakan suatu strategi yang memanfaatkan pergerakan kecil dari harga. Scalping mengharuskan para pelaku trading untuk mempunyai exit strategi yang matang. Mengingat satu kerugian besar akan menghapus seluruh keuntungan kecil yang sebelumnya sudah susah payah dikumpulkan.

4. Menentukan Posisi

Pastikan untuk melakukan analisa market. Nantinya, data ini bisa digunakan untuk mendukung strategi trading yang diterapkan.

Setelah itu, tentukan posisi entry pada harga yang sudah disesuaikan dengan hasil analisa market. Pengguna dapat menentukan posisi mereka menggunakan metode market atau limit. Umumnya, trader akan dikenai biaya market taker saat menggunakan metode pasar.

Baca Juga: Situs Freelance Terbaik dan Favorit Masa Kini Wajib Coba

5. Menentukan Stop Loss & Take Profit

Menentukan Stop Loss & Take Profit
(Sumber : Admiralmarkets.com)

Lakukan manajemen resiko dengan baik. Pada tahap ini, trader bisa memanfaatkan fitur stop loss dan take profit yang disediakan oleh pihak exchanger. Fitur tersebut adalah ‘rem’ bagi trader untuk menghindarkannya dari kemungkinan kerugian yang lebih besar apabila pasar bergerak maju ke arah yang tidak sesuai dugaan.

Memang metode ini akan membutuhkan waktu yang tergolong lama, mengingat trader harus giat dalam mengumpulkan recehan kripto gratis. Solusi paling mudah dan cepat untuk hal ini adalah dengan menyisihkan sebagian kecil dari penghasilan utama yang didapatkan secara rutin untuk kemudian digunakan sebagai modal dalam melakukan trading bitcoin.

Walau masih tergolong baru, nyatanya bisnis bitcoin banyak menawarkan keuntungan kepada pelakunya. Yakin masih mau menunggu nanti untuk memulai usaha uang kripto?

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like