Inspirasi memang bisa didapat dari mana saja pun dari siapa saja. Siapa yang tak kenal Arief Muhammad? Content Creator yang satu ini juga dikenal memiliki segudang bisnis yang dijalankan. Maka tak salah jika bisnis Arief Muhammad menjadi salah satu motivasi bagi banyak orang yang ingin memulai sebuah usaha.

Pada awal kemunculannya, Arief Muhammad dikenal melalui akun Twitter @poconggg dengan berbagai tulisannya yang menarik. Kini,bersama sang istri, Tiara Pangestika atau yang akrab disebut Tipang ini, selain menjadi Youtubers kenamaan, ia pun mengelola beberapa bisnis yang terbilang sukses dan patut diacungi jempol.

Deretan Bisnis Arief Muhammad 

Selain dengan karya, sebagai pasangan idola Arief dan Tika mampu menunjukkan kesuksesannya dalam bisnis yang bisa ditiru sebagai motivasi. Beberapa bisnis Arief Muhammad diantaranya adalah: 

1. Cakekinian

Bisnis Arief Muhammad dibuka dengan Cakekinian. Salah satu brand kue dengan konsep unik. Cakekinian, jika dibaca akan seperti kata ‘kekinian’ yang artinya makanan tersebut sedang tren atau hits. Selain penamaannya, berbagai variannya pun disajikan dengan cukup unik. Seperti Milov, Ovomaltine, Galaxy Cake, Red Velvet dan lain sebagainya.

Melalui bisnis kuliner yang memiliki berbagai cabang di Jabodetabek ini, Arief Muhammad tentu mendapat keuntungan yang tidak sedikit. Cakekinian ini pertama dibuat saat musim atau sedang menjamurnya berbagai brand dari kue artis. Inovasi produk merupakan salah satu peluang bisnis kuliner yang terus dikembangkanya. Berbagai varian unik yang telah disebutkan di atas, merupakan jenis menu yang sedang hangat di pasaran dan dikemas dalam bentuk yang berbeda.

Baca Juga: Cara Kerja Usaha dan Bisnis Franchise serta Definisi dan Keuntungannya

2. Mie Bangcad

bisnis arief muhammad
(Sumber: Budiluhur.tv)

Bisnis Arief Muhammad di bidang kuliner lainnya ada Mie Bangcad, yang menyediakan berbagai olahan Mie yang pastinya menggugah selera. Beberapa varian dari Mie Bangcad ini ada mie pedas manis, mie pedas asin, Mie Geprek, dan lain sebagainya. Kedai Mie ini juga sudah dibuka beberapa cabang, seperti di Kemayoran, Bekasi dan Malang.  

3. Drinkinian

Bisnis Arief Muhammad selanjutnya adalah Drinkinian. Setelah sukses dengan bisnis kuliner makanan, Arief Muhammad kembali melebarkan sayap usahanya dengan mengeluarkan produk minuman yang tak kalah menggiurkan. Varian yang ditawarkan tentu saja dapat menarik perhatian konsumen, seperti: signature yang terdiri dari menu O’red Velvet, Popcorn Salted Latte, dan Regal Irish Cream ataupun Milk Series, Chocolate Series,  dan Tea Series. Selain namanya yang dibuat mirip Cakekinian, minuman fresh ini juga bisa didapatkan di berbagai outlet Cakekinian tersebut.

4. Wellplanned.co

Salah satu produk dari bisnis Arief Muhammad dan Tipang berikutnya yang unik dan cute adalah wellplanned.co. Fokus bisnis ini adalah kepada pengarsipan atau pencatatan bagi setiap hal-hal yang penting maupun berbagai kejadian atau momen yang terjadi agar tidak terlewatkan begitu saja dan bisa dikenang kemudian hari.

Wellplanned.co adalah salah satu produsen  notebook. Hal itu didasari karena sang istri memiliki minat besar pada buku dan kegiatan membaca. Berbagai buku yang manis ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan konsumennya. 

Baca Juga: Pengertian Komunikasi Bisnis – Teori, Fungsi, Konsep dan Penjelasannya

5. Hello Nuku

bisnis arief muhammad
(Sumber: Idntimes.com)

Brand Hello Nuku adalah bisnis Arief Muhammad dan istri yang berikutnya. Usaha yang satu ini bergerak di bidang fashion, khususnya sepatu. Selain jenis sepatu sneakers, dan flat shoes,Hello Nuku juga menawarkan produk tas yang tak kalah fashionable dan menarik tentunya.

Dengan taglinethe basic needs to step up your style”, berbagai koleksinya bisa didapatkan melalui beberapa akun e-commerce. Para wanita khususnya kaum milenial, pasti suka dengan produk ini.

6. Billionaire’s Project

Produk fashion lain dihasilkan dari bisnis Arief Muhammad adalah baju, kaos ataupun jaket dengan merek yang bernama Billionaire’s Project. Idenya untuk mengolah dan mengembangkan berbagai bisnis seolah tak pernah habis. Banyak sekali anak muda yang menjadi konsumen dari brand clothing yang satu ini.

7. Cuancuan.id

bisnis arief muhammad
(Sumber: Inet.detik.com)

Selain kuliner dan fashion Arief Muhammad juga mengelola bisnis di bidang teknologi atau komunikasi, yaitu cuancuan.id. Usaha yang satu ini menawarkan berbagai jenis, merek dan tipe HP dengan harga miring. Senada dengan konsep yang diusung, yaitu jual HP dengan harga sinting.

8. Bisnis Properti Kos-kosan 

Bisnis Arief Muhammad yang tentu saja mendatangkan penghasilan yang besar adalah usaha properti yang dimilikinya. Seperti kita ketahui, properti merupakan salah satu ladang bisnis yang sangat menguntungkan. Kini, Arief menjadi Bapak Kost dari rumah kos dengan kelas menengah ke atas dan memiliki berbagai fasilitas yang cukup mewah, seperti, water heater, furniture yang baru dan dilengkapi CCTV.

Menurut Arief Muhammad, bisnis properti adalah salah satu cara berinvestasi yang cukup efektif. Bisnis yang satu ini dijalankan oleh Arief Muhammad karena pengalamannya terdahulu yang pernah menjadi anak kost selama beberapa tahun. Oleh karena itu, ia ingin menyuguhkan rumah kost dengan konsep yang nyaman.

Jogjakarta adalah kota yang dipilih Arief untuk membangun bisnis ini, karena menurutnya kota yang satu ini mempunyai daya tarik tersendiri dan juga terdapat banyak anak rantau atau mahasiswa yang tinggal disana yang kemudian bisa dijadikan peluang bisnis.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan WhatsApp Bisnis untuk Pengusaha

Selain bisnis yang telah diuraikan dari poin-poin di atas, penghasilan Arief Muhammad yang lain tentu saja didapatnya dari pembuatan konten. Karena ia dikenal sebagai salah seorang influencer dan content creator kenamaan di Indonesia. Youtube mungkin saja menjadi salah satu sumber penghasilannya dengan nominal yang sangat besar.

Dari bisnis Arief Muhammad tersebut kita bisa mengambil pelajaran bahwa setiap passion yang dimiliki itu bisa dijadikan peluang untuk mendapat keuntungan. Kuliner dan fashion merupakan dua bidang usaha yang akan selalu ada dan dibutuhkan. Tinggal bagaimana kita mengolah dan mengelola konsep bisnis sehingga bisa laku dipasaran.

Teknologi, kini juga tak kalah penting, apalagi terkait dengan alat komunikasi atau smartphone. Rasanya semua orang kini membutuhkan dan memiliki perangkat tersebut. Keinginan untuk memperbaharuinya pun cukup besar sehingga bisa mendatangkan peluang bisnis yang besar pula.

Selain melihat keadaan atau survey pasar dan passion yang dimiliki, berkaca pada pengalaman pribadi pun bisa menjadi salah satu pelajaran bisnis. Apa yang ingin kita buat, apa yang ingin kita dapat, berdasarkan apa yang telah kita alami.

Arief Muhammad dan Tiara Pangestika merupakan contoh pasangan yang inspiratif, dimana mereka bisa melengkapi satu sama lain, baik dalam kehidupan berumah tangga, berkarya, maupun berbisnis. Menjadi pebisnis, menurut Arief tidak melulu harus menguasai banyak hal, karena ide, modal ataupun keahlian bisa dikolaborasikan dengan berbagai pihak. 

Tujuan utama dari kegiatan bisnis adalah mampu mendatangkan  keuntungan. Jadi, selain usahakan setiap bisnis yang dikelola tersebut mampu menjadi solusi, pemenuh kebutuhan serta keinginan masyarakat. 

Hal terpenting dari kegiatan bisnis adalah perencanaan yang matang, juga fokus, konsisten dan pandai melihat serta memanfaatkan peluang. Apalagi di era digital seperti sekarang ini, semua akan lebih terasa mudah untuk dijalankan. Semoga deretan bisnis Arief Muhammad ini bisa menjadi inspirasi yang baik bagi usaha Anda ya! 

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.