Bisnis afiliasi adalah sebuah sistem usaha berbasis internet sebagai pendukung utamanya dan melibatkan pihak lain pada pelaksanaannya. Dalam bisnis jenis kita, kita tidak memiliki produk atau jasa untuk dipasarkan, melainkan kita bekerjasama dengan merchant tertentu untuk menjual produk mereka. Dan untuk mendaftar pada program afiliasi, biasanya tidak dikenakan biaya alias gratis.

Dengan kata lain, kita akan mendapat keuntungan berupa komisi jika telah menjual sebuah produk maupun layanan melalui website, blog maupun situs belanja lainnya. Dapat disimpulkan bahwa dalam bisnis ini akan ada dua pihak yang terlibat, yaitu affiliate marketer sebagai pemilik website, blog atau media social tertentu dan affiliate merchant yang juga dikenal dengan sebutan pengiklan.

Keuntungan Bisnis Afiliasi

Sebelum mengetahui apa saja jenis bisnis afiliasi yang bisa dijalankan, ada beberapa keuntungan yang bisa didapat dari pelaksanaan bisnis yang satu ini, diantaranya adalah:

1. Memungkikan untuk Menjual Berbagai Macam Produk

Bermacam produk bisa dipasarkan melalui bisnis afiliasi ini, agar penjualan efektif dan maksimal, sebaiknya sesuaikan produk pembelian dengan minat masyarakat.

2. Modalnya Tidak Terlalu Besar

Untuk memulai kegiatan usaha ini, kita tidak perlu mengeluarkan budget yang terlalu besar. Yang harus kita siapkan adalah gadget berupa perangkat komputer maupun laptop yang akan digunakan untuk berbisnis serta jaringan internet.

3. Tidak Mengeluarkan Gaji untuk Karyawan

Melalui bisnis afiliasi, kita tak perlu keluar budget untuk membayar karyawan, karena dengan menjalankan jenis usaha ini, kita akan mendapat keuntungan penuh dari persentase keuntungan produk tertentu yang berhasil dijual.

4. Penghasilan Jangka Panjang

Keuntungan yang didapat melalui bisnis ini bisa dihasilkan dalam jangka waktu yang panjang. Karena dengan memasang iklan di internet, memungkinkan untuk konsumen bisa melihatnya, mengaksesnya dan melakukan transaksi kapan saja, sehingga keuntungan yang kita dapatkan akan terus mengalir.

5. Komisi yang Cukup Besar

Persentase keuntungan yang didapat dari hasil penjualan melalui  bisnis afiliasi ini terbilang cukup menggiurkan, selain itu sistem dan waktu kerjanya cukup fleksibel. Jadi, kita bisa mendapat keuntungan besar dalam proses yang tidak terlalu rumit dan waktu yang terbilang singkat.

Baca Juga: Cara Membuat Konsep Bisnis yang Unik, Kreatif, Kuat dan Menarik

Produk Bisnis Afiliasi Paling Laris

Berikut deretan beberapa program bisnis afiliasi yang laris dipasaran, yaitu:

1. Amazon Associates

bisnis afiliasi
(Sumber: Alamanda-indonesia.com)

Pada Amazon ini, kita bisa menemukan berbagai produk seperti fashion,  food, lifestyle hingga teknologi. Untuk memulai bisnis ini yang perlu dilakukan adalah klik “Join Now for Free,” lalu mengisi informasi tentang berbagai situs yang dimiliki. Data yang diisikan akan cukup lengkap sehingga memudahkan produk terjual tepat pada sasarannya. Hanya dalam kurun waktu 24 jam setelah registrasi, kita sudah bisa memulai bisnis afiliasi ini.

Selain keuntungan melalui transaksi penjualan, kita juga bisa mendapat penghasilan tambahan melalui program Bounty Amazon untuk setiap pengunjung baru dan melakukan pendaftaran uji coba secara gratis

2. Hostinger Affiliate Program

Keuntungan yang ditawarkan oleh program ini terbilang cukup besar dan menguntungkan  komisi yang didapat sekitar 60% dari setiap hosting dari link yang kita miliki. Program ini cocok untuk digunakan oleh berbagai situs yang ada kaitannya dengan teknologi. Penggunaannya pun cukup sederhana dan mudah, hanya perlu melakukan registrasi pendaftaran, mengisi beberapa data dan informasi, lalu dalam waktu 24 jam, kita sudah mulai bisa melakukan kegiatan bisnis.

3. ShareASale Affiliate

Salah satu kelebihan program afiliasi yang satu ini adalah produk yang ditawarkannya sangat banyak dan beragam, sehingga memungkinkan kita untuk mendapat keuntungan yang lebih banyak. Program ini terbilang mirip dengan marketplace dengan support responsive  serta pembayaran yang tepat waktu, tak heran jika program yang satu ini banyak digunakan oleh para pelaku bisnis afiliasi.

Sekitar lebih dari 3.900 merchant bergabung pada program ini. Untuk bergabung pada ShareASale Affiliate, kita harus melakukan 5 langkah, yaitu: mendaftarkan username dan password yang akan digunakan, mengisi informasi mengenai website, memasukkan email untuk verifikasi, mengisi detail kontak dan memilih metode pembayaran.

4. Shopify Affiliates

bisnis afiliasi
(Sumber: Pymnts.com)

Platform ecommerce yang satu ini memiliki fitur yang cukup lengkap, seperti solusi yang ditawarkan untuk setiap pengusaha, mulai dari tools untuk membuat logo, generator nama bisnis hingga aplikasi toko yang bisa digunakan.

Baca Juga: Strategi Bisnis Laundry Kecil-Kecilan, Rumahan dan Kantoran 

Mulailah bergabung dengan membuat akun Shopify Partner, mengisi data mengenai informasi situs web yang dimiliki, menuliskan langkah atau strategi promosi, mengisi pengalaman seputar digital marketing, lalu menunggu sekitar dua hari untuk menggunakan platform ini.

5. ThirstyAffiliates

Platform ini dapat membantu para blogger untuk melakukan, menjalankan atau mengelola bisnis afiliasi, karena ThirstyAffiliates  merupakan plugin WordPress yang dapat diakses secara gratis. Kelebihan yang dimilikinya adalah kita dapat menyembunyikan link afiliasi, melindunginya dari kerugian akibat pencurian, dan menambahkan link tersebut pada artikel dengan mudah. Untuk menggunakannya, kita cukup mengisi formulir pendaftaran dengan mengisi berbagai informasi, melakukan pengecekkan surel untuk melihat username dan password, lalu login.

6. eBay Partner Network

Sejak Tahun 1995 lau, eBay sudah ada, digunakan dan dipercaya banyak orang, sehingga kini platform tersebut telah memiliki sekitar 1,1 daftar produk terbaik. Promosi yang kita lakukan pun akan semakin dipermudah dengan adanya marketing kit yang dapat membantu kita untuk menyebarkan info mengenai produk yang dijual.

Untuk mendaftar pada program afiliasi ini terbilang mudah, kita bisa menggunakan akun Email maupun Facebook yang dimiliki dan juga mengisi informasi mengenai akun PayPal yang dimiliki.

7. Leadpages Partner Program

bisnis afiliasi
(Sumber: Pagosdefamilia.com)

Program ini bisa digunakan untuk pebisnis yang ingin mendapatkan tools  membuat landing page secara gratis. Beberapa fitur menarik yang menjadi pelengkap Leadpages Partner Program adalah drag-and-drop builder, template yang mobile friendly, traffic tanpa batas, dan lain sebagainya. Sebelum melakukan promosi, kita disarankan untuk membeli paket Leadpagesnya. Kemudian, membuka halaman afiliasi tersebut, mengisi detail informasi seperti nama atau username, situs web, negara dan Bahasa juga beberapa data lainnya.

8. Avantlink

Salah satu program afiliasi terlaris ini melakukan seleksi secara ketat untuk memilih pelamar yang ingin bergabung. Namun, jika telah bergabung disini, keuntungan yang didapat cukup besar dan tentunya didukung oleh marketing tools yang memadai.

Beberapa fitur unggul yang ditawarkannya adalah Real-time report, paid placement, pelacakan khusus dan pembuatan kode link afiliasi. Proses pendaftarannya pun tidak terlalu sulit, kita hanya memilih salah satu wilayah yang berada di AS untuk kebutuhan network, lalu mengisi serangkaian informasi yang dibutuhkan.

Baca Juga: Cara Membuat Konsep Bisnis yang Unik, Kreatif, Kuat dan Menarik

9. Clickbank

Salah satu marketplace yang cukup terkenal ini merupakan salah satu program untuk bisnis afiliasi yang mudah digunakan. Ribuan produk bisa dipromokan melalui Clickbank ini dengan hasil keuntungan yang bervariatif. Untuk bergabung, cara yang perlu dilakukan adalah menekan klik promote pada produk yang akan dipromosikan, lalu membuat HopLink dengan memasukkan nama panggilan, dan program ini sudah bisa digunakan. Mudah, kan?

Informasi di atas memuat tentang berbagai kelebihan bisnis afiliasi, termasuk beberapa programnya yang laris dan banyak digunakan dan patut untuk dicoba. Semoga informasi ini juga bisa menjadi inspirasi bisnis yang menjanjikan ya!

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.