Menjadi seorang pengusaha sukses merupakan suatu mimpi yang diidam-idamkan oleh banyak orang. Sukses dalam banyak bidang bisnis yang dibangun dari nol tentunya menjadi kebanggaan tersendiri dalam diri seseorang. Tidak hanya berkutat dalam satu rupa bisnis saja, para pengusaha sukses ini seringkali menjalankan banyak bisnis sekaligus.

Deretan bisnis seperti properti, fashion, makanan, ritel, jasa, keuangan, skincare, media, teknologi dan masih banyak lagi bisnis-bisnis yang biasa dijalankan oleh para pengusaha sukses. Bukan hal yang mudah bagi para pengusaha yang berjuang demi meraih kesuksesannya. Dalam kutipan biografi pengusaha sukses, seringkali terselip kata atau rahasia yang dipaparkan oleh sang pengusaha tentang bagaimana dirinya bisa sampai pada titik tersebut.

Di Indonesia sendiri, ada banyak pengusaha sukses yang berhasil jaya di bidangnya masing-masing. Proses dan perjuangan panjang yang dilewatinya mampu menghantarkan pada titik tertinggi di karirnya. Siapa sajakah pengusaha-pengusaha sukses yang patut untuk dijadikan contoh? Berikut biografi dan rahasia besar yang dimilikinya.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Institut Bisnis Nusantara Pencetak Pengusaha

1. Susi Pudjiastuti

Susi Pudjiastuti
(Sumber: Makassar.terkini.id)

Nama Ibu Susi Pudjiastuti tentu sudah sangat tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia yang memegang masa jabatan dari tahun 2015 sampai 2019 ini tercatat sudah berhasil mengembalikan kejayaan hasil laut Indonesia dengan menenggelamkan 539 kapal asing pencuri hasil laut NKRI.

Selain pernah menjabat sebagai salah satu jajaran menteri Indonesia, Susi Pudjiastuti termasuk pengusaha yang sukses di bidang perikanan dan maskapai penerbangan. Bermula saat beliau menjadi seorang penebas ikan di pasar lelang dan menjualnya lagi ke restoran terdekat. Kemudian usahanya ini berkembang pesat hingga beliau mampu menguasai bursa pasar lelang ikan di daerah Pangandaran.

Pelebaran sayapnya dimulai dengan mendirikan PT ASI Pudjiastuti Marine Product dengan produk lobster bermerk Susi Brand. Kendati memiliki masalah di bidang pendistribusian, Susi Pudjiastuti kemudian merintis usaha pengangkutan barang yang sampai sekarang berkembang hingga jalur udara dengan nama maskapai Susi Air.

2. Bob Sadino

Bambang Mustari Sadino atau yang lebih akrab disapa Bob Sadino adalah seorang pengusaha sukses asal Lampug. Kiprahnya di dunia bisnis Indonesia sudah tidak perlu diragukan lagi. Jatuh bangun perjuangannya untuk menjadi pengusaha sukses seringkali dijadikan motivasi oleh para pengusaha baru.

Awalnya, beliau merupakan seorang pegawai yag memutuskan untuk berhenti bekerja dan membuka bisnis persewaan mobil. Di awal karirnya ini, beliau hanya mengoperasikan satu mobil saja dan menjadi pemilik sekaligus pekerja di usaha barunya ini. Naasnya, beliau mengalami musibah kecelakaan dari mobil yang disewakannya ini. Alhasil Bob Sadino beralih profesi menjadi seorang kuli bangunan. Dari sinilah muncul ide untuk mendirikan usaha bidang peternakan ayam dan telur ayam negeri.

Mulanya, beliau hanya memasarkan produknya ini ke tetangga dan orang-orang terdekatnya. Seiring berjalannya waktu, usaha kecil ini berkembang menjadi lebih besar hingga beliau berhasil mendirikan supermarket Kem-Chicks yang menjual berbagai jenis produk peternakan dan pertanian di Indonesia.

3. Chairul Tanjung

Suka nonton saluran televisi TransTV? Chairul Tanjung adalah ama dibalik berdirinya stasiun televisi kenamaan Indonesia ini. Sebagai pemilik CT Corp, Chairul Tanjung berasal dari keluarga kurang mampu yang menjalani masa kuliahnya sambil bekerja. Berhasil menyelesaikan kuliahnya dengan menyandang predikat murid berprestasi, Chairul Tanjung dan temannya mendirikan usaha ekspor sepatu anak dengan berada di bawah kepemimpinan PT Pariarti Shindutama.

Hingga akhirnya beliau memutuskan untuk memulai bisnisnya sendiri dengan mendirikan Para Group. Dari bisnisnya inilah Chairul Tanjung berani mengakuisisi bank Karman yang namanya diubah menjadi Bank Mega. Bisnisnya semakin berkembang pesat hingga saat ini beliau sudah menjalankan banyak bisnis dari berbagai sektor mulai dari media, keuangan, energi, hingga properti.

Baca Juga: Daftar Sekolah Bisnis Terbaik di Indonesia untuk Calon Pengusaha

4. Nadiem Makarim

Nadiem Makarim
(Sumber: Kompasiana.com)

Di era digital seperti sekarag ini, teknologi semakin berkembang pesat dan mendatangkan inovasi-inovasi baru, salah satunya adalah Gojek. Kepopuleran Gojek di Indonesia tentu sudah tidak perlu diragukan lagi. Dibalik kesuksesan aplikasi ini, sosok sang founder yang kini menjabat sebagai Menteri Pendidikan Indonesia yakni Nadiem Makarim tentu tidak boleh dilewatkan dari jajaran biografi pengusaha sukses yang mendunia.

Nadiem Makarim mulai merintis usaha ini pada tahun 2011 dengan menawarkan sarana transportasi berbasis teknologi daring atau internet. Setelah sekian tahun dirintis, Gojek mulai dilirik dan disukai oleh orang-orang. Hingga kini Gojek masuk dalam jajaran perusahaan terbesar di Indonesia. Berkat kesuksesan dan perkembangannya ini, kini Gojek tidak hanya menjadi transportasi orang saja, namun sudah melebarkan sayapnya di jasa lain seperti pengiriman barang, kebersihan, makanan, hingga salon atau kecantikan.

5. Achmad Zaky

Pengguna aktif dari marketplace ternama Bukalapak? Sosok hebat dibalik berdirinya Bukalapak ini adalah seorang pengusaha muda sukses kelahiran Sragen 24 Agustus 1986 bernama Achmad Zaky. Bukalapak adalah marketplace yag berfokus pada pengembangan dan pemberdayaan UKM.

Dalam sebuah wawancara, Achmad Zaky mengungkapkan bahwa perjalanannya hingga sampai di titik ini tidaklah mudah. Hal ini didasari kepercayaan masyarakat pada progam belanja online masih sangat kecil saat itu. Namun seiring berjalannya waktu, Bukalapak kini sudah berkembang sangat pesat hingga perharinya mampu menyentuh angka transaksi 500 juta rupiah.

6. William Tanuwijaya

William Tanuwijaya
(Sumber: Koalahero.com)

Satu lagi biografi pengusaha sukses yang wajib anda kenal yakni William Tanuwijaya. Pemilik marketplace Tokopedia ini lahir di Pematang Siantar pada 18 November 1981.

Di tahun pertamanya, Tokopedia berhasil mendapatkan pendanaan dari para investor. Hingga kini, Tokopedia sudah dikenal sebagai salah satu marketplace terbaik di Indonesia dengan banyak pengguna yang berasal dari berbagai kalangan usia.

7. Johnny Andrean

Nama outlet BreadTalk dan J.CO tentu sudah sangat tidak asing lagi. Johnny Andrean adalah sosok hebat dibalik kesuksesan BreadTalk dan J.CO ini. Mulanya, Johnny Andrean merintis usaha salon pada tahun 1980-an. Bisnis salonnya ini juga tidak kalah suksesnya dengan BreadTalk dan J.CO.

Kepopuleran BreadTalk ini dibuktikan dengan gelarnya sebagai roti primadona di Indonesia. Usaha waralaba populer ini mulai berdiri pada bulan Maret 2003 di Mall Kelapa Gading, Jakarta. Johnny Andrean kembali merintis bisnisnya yang kini dikenal dengan J.CO Donuts & Coffee. Bisnis makanan ini juga menduduki peringkat teratas sebagai waralaba kue terbesar di Indonesia.

Baca Juga: Daftar Kerajaan Bisnis Atta Halilintar yang Bisa Ditiru Pengusaha Baru

8. Rusdi Kirana

Maskapai ternama Lion Air yang sudah lama mengudara di langit nusantara ini merupakan milik dari dua orang bersaudara yakni Kusnan Kirana dan Rusdi Kirana. Keduanya mengawali karir di bisnis penerbangan pada tahun 1999 dengan bekal mdal 80 milyar.

Hingga kini, strategi bisnis yang dipegang oleh kedua saudara ini adalah Low Cost Carrier atau penerbangan murah. Lion Air saat ini menjadi salah satu maskapai penerbangan terbesar di Indonesia. Kekayaan Rusdi Kirana bahkan ditaksir mencapai angka 1,2 milliar US dolar.

Demikianlah daftar biografi pengusaha sukses di Indonesia yang perlu diketahui. Cerita, proses, dan pengalaman dari pengusaha-pengusaha diatas dapat dijadikan contoh serta motivasi bagi pengusaha pemula yang baru merintis usahanya.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.