Jika kita membayangkan ingin membangun sebuah bisnis, salah satu faktor yang bisa saja membuat ragu adalah modal yang besar. Seringkali kita berpikir bahwa mendirikan maupun mengelola sebuah usaha itu membutuhkan biaya yang besar, terutama untuk sewa lokasi atau tempat berjalannya bisnis tersebut. Namun, sebetulnya ada beberapa kegiatan usaha dengan menjual berbagai barang yang laku dijual bahkan dari teras tempat tinggal kita.

Jadi, yang perlu kita lakukan adalah memanfaatkan lahan yang dimiliki sebaik mungkin, sebagai sarana pendukung untuk menghasilkan keuntungan. Meski berawal dari rumah, bukan tidak mungkin omset yang kita dapatkan akan besar. Bahkan bisa saja menjadi langkah untuk bisnis yang lebih besar dan berkembang di kemudian hari.

Baca Juga: Bisnis Ibu Rumah Tangga Muslimah yang Berkah, Halal dan Tanpa Riba

Beberapa Rekomendasi Barang yang Laku Dijual Di Teras Depan Rumah

1. Jus

Jus
(Sumber: Economy.okezone.com)

Minuman segar yang satu ini merupakan produk yang disukai dan bisa dikonsumsi oleh berbagai kalangan, sehingga jualan jus di depan rumah bisa menjadi salah satu solusi bagi Anda yang ingin berbisnis dengan modal yang tidak terlalu banyak.

Kita hanya perlu menyiapkan space di pelataran tempat tinggal, membeli aneka ragam buah yang bisa diolah menjadi jus, menyiapkan blender, serta cup kemasannya. Dan, bisnis yang satu ini sudah bisa mulai dijalankan.

2. Kue Basah

Indonesia memang terkenal dengan beraneka ragam kulinernya, mulai dari makanan ringan hingga nasi dan lauk pauknya, termasuk berbagai jenis kue basah yang seringkali kita temui di pasaran.

Menjual kue basah bisa menjadi salah satu kegiatan yang cukup menjanjikan. Mungkin kita seringkali menemukan penjual yang menjajakan beberapa kue di pagi hari. Nah, hal tersebut juga bisa dilakukan di depan rumah sendiri.

Selain banyak pecintanya, kue basah ini juga sering diburu untuk sekedar sarapan, karena simple, enak dan juga mengenyangkan. Bahkan, beberapa orang juga sering melakukan order atau pembelian dalam jumlah besar untuk acara-acara tertentu yang diselenggarakan.

3. Gas Elpiji

Gas elpiji adalah satu barang yang laku dijual dan dapat membawa keuntungan yang lumayan besar. Barang ini sudah menjadi pendamping atau pelengkap kebutuhan utama rumah tangga, khususnya pada rumah yang memiliki kompor gas.

Tanpa adanya gas elpiji, kegiatan memasak tentu tidak bisa dilakukan, yang kemudian berdampak pada tidak tersedianya masakan yang bisa dimakan oleh anggota keluarga. Jadi, Anda pasti sudah tahu kan, seberapa penting barang yang satu ini?

4. Sembako atau Toko Kelontong

Salah satu usaha jualan yang seringkali kita temui di depan rumah seseorang adalah warung. Warung menyediakan kebutuhan sembilan bahan pokok (Sembako), warung sayuran maupun toko kelontong.

Bisnis sembako atau bisnis toko kelontong bisa menjadi salah satu pemenuh kebutuhan primer atau keseharian dari masyarakat sekitar. Biasanya, toko atau warung yang menyediakan bermacam barang yang cukup lengkap dan harga yang ditawarkan dapat bersaing, maka warung tersebut akan ramai dikunjungi dan menjadi kepercayaan banyak orang. Sehingga, kemungkinannya untuk menghasilkan profit yang besar akan semakin tinggi.

Baca Juga: Strategi Bisnis Laundry Kecil-Kecilan, Rumahan dan Kantoran

5. Usaha Isi Ulang Pulsa dan Kuota

usaha isi ulang pulsa dan kuota
(Sumber: Kronologi.id)

Di jaman sekarang ini, pulsa maupun kuota telah menjadi kebutuhan sehari-hari. Maka, produk yang satu ini merupakan salah satu jenis barang yang laku dijual dan bisa kita tawarkan dari depan rumah saja tanpa perlu menyewa tempat dengan harga yang tinggi.

Tetangga-tetangga bisa saja menjadi konsumen dari layanan penyedia pulsa yang kita kelola. Terlebih jika rumah kita berada di kawasan pendidikan atau kantoran yang terdapat banyak tempat kost, maka peluang usaha bisa semakin terbuka lebar.

Untuk menjalankan usaha ini, kebutuhan mendasar yang harus kita miliki adalah telepon genggam yang akan digunakan untuk melakukan pengisian pulsa serta supplier yang menyediakan depositnya. Modal yang dibutuhkannya tidak terlalu besar, bukan? Selanjutnya, jika usaha ingin semakin berkembang, kita bisa menambahkan beberapa item lain seperti handphone dan aksesorisnya serta menjual kartu perdana dari berbagai provider.

6. Warteg

Makanan memang selalu berpeluang menjadi barang yang laku dijual dimanapun tempat usahanya. Membuka bisnis warung tegal atau yang biasa kita kenal dengan sebutan warteg, bisa menjadi salah satu opsi untuk kita berjualan hanya dari rumah saja.

Warteg adalah sebutan bagi usaha yang menyediakan dan menjual berbagai makanan yang sudah diolah dan bisa langsung dikonsumsi. Banyak orang yang menjadi pelanggan warteg karena meskipun masakan rumahan, namun rasanya bisa luar biasa lezat dengan harga yang terjangkau.

Kita bisa memulai bisnis yang satu ini dari teras depan rumah. Kedepannya jika usaha sudah semakin berkembang, warteg yang kita kelola bisa memperluas area bisnis. Bahkan membuka cabang dengan menyediakan berbagai jenis masakan rumahan dilengkapi dengan bermacam minumannya pula.

7. Jualan Bakso

Selain warteg dengan berbagai masakannya, salah satu makan favorit masyarakat Indonesia adalah bakso. Bulatan yang terbuat dari daging dengan kuah yang gurih dan ditambah berbagai bumbu yang menjadi ciri khasnya, bisa menempatkan kuliner ini di hati penggemarnya. Sehingga, usaha jualan bakso sangat memungkinkan untuk Anda mulai dari depan atau teras rumah.

Kita bisa memproduksi sendiri bahan bakunya, membeli dari pabrik atau pasar, bahkan franchise dari beberapa brand yang sudah dikenal. Usaha ini terbilang jarang sepi pembeli. Ketika orang menginginkan makanan yang bisa membuat fresh, biasanya mereka akan mencari bakso. Bahkan, bisnis ini menjadi primadona ketika hari raya Idul Fitri tiba.

8. Sosis Bakar dan Aneka Sate Seafood

Bisnis yang saat ini cukup menjamur dan bisa kita temui di beberapa tempat adalah sosis bakar ataupun sate seafood. Sudah tahu kan seperti apa bentuknya? Sosis bakar adalah sejenis wurst atau sosis dengan ukuran besar yang disajikan dengan cara dibakar, sedangkan sate seafood adalah hidangan yang berbahan dasar makanan laut seperti bakso udang, bakso salmon, dan lain sebagainya dan disajikan dengan tusukan seperti sate.

Berbagai jenis cemilan tersebut biasanya diberi tambahan saus maupun mayonaise untuk semakin memperkaya cita rasanya. Makanan ini telah menjadi favorit banyak orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Selain enak, harganya juga terjangkau.

Baca Juga: Jenis Bisnis Minuman Hits Generasi Milenial yang Anti Mainstream Minim Pesaing

9. Roti Kukus dan Bakar

roti kukus dan bakar
(Sumber: Gobiz.co.id)

Selain kue basah yang merupakan jajanan pasar, salah satu makanan yang banyak disukai masyarakat adalah roti. Baik dikukus maupun di bakar, kedua olahan roti tersebut bisa menarik perhatian banyak orang. Apalagi kini topping yang ditawarkannya pun beragam. Mulai dari yang manis, seperti susu, coklat, strawberry, blueberry, kacang, hingga Nutella dan lain sebagainya, serta varian manis seperti kornet, sosis, telur dan yang lainnya bisa kita tawarkan untuk dipilih konsumen nantinya.

Berbagai varian yang menarik tersebut bisa mendatangkan rasa penasaran dari pelanggan, sehingga mereka mungkin saja melakukan pembelian secara berulang untuk mencoba berbagai rasanya. Selain roti, biasanya jenis makanan yang dijual bersamaan di kedai ini adalah pisang keju. Jadi, pada intinya, usaha roti ini pun bisa kita mulai dari depan rumah.

Bagi Anda yang bingung memulai bisnis apa serta masih belum menemukan lokasi yang pas, tulisan kali ini semoga bisa menjadi referensi bahwa membuka usaha dengan menawarkan berbagai barang yang laku dijual itu bisa kita lakukan di teras depan rumah.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.