Salah satu kunci sukses berjualan online di samping pelayanan, kemudahan transaksi, dan pengiriman yang cepat, adalah memilih barang yang cocok dijual online agar bisa menang di tengah persaingan yang ketat.

Perkembangan dunia internet saat ini sudah memengaruhi perubahan perilaku masyarakat, termasuk dalam bidang ekonomi. Transaksi jual beli yang tadinya harus dilakukan dengan tatap muka, saat ini justru lebih banyak dengan cara online. Selain lebih praktis, cepat, dan mudah, jangkauan penjualan online sangat luas. berbeda dengan model jual beli jaman dahulu yang ruang lingkupnya sangat terbatas.

Melihat berbagai keuntungan tersebut, semakin banyak orang yang merasa tertarik untuk turut menangguk untung melalui penjualan online. Namun, tidak semua orang mampu bertahan di bisnis online. Selain karena persaingan yang sangat ketat, kegagalan umumnya diakibatkan oleh pemilihan produk yang kurang tepat. perlu kejelian dalam memilih barang yang cocok dijual online.

Baca Juga: Jenis-Jenis Barang yang Laku Dijual Di Teras Depan Rumah

Sebelum menentukan produk yang akan dijual, perlu dipahami target pasar yang tersedia. Walaupun internet dapat diakses oleh semua orang, tetapi hanya kelompok tertentu yang aktif menggunakannya untuk berselancar di media sosial atau marketplace, dan melakukan transaksi secara online. Kelompok ini adalah kelompok usia produktif.

Faktor lain yang menjadi pertimbangan pemilihan produk adalah kebiasaan dan selera target pasar. Misalnya kalangan muda milenial. Umumnya mereka aktif, dinamis, dan memiliki ketertarikan terhadap gaya hidup dan fashion terkini. Jika mereka adalah target pasar yang dipilih, produk fashion terbaru, aksesori, gadget, bahan snack kekinian bisa menjadi barang yang cocok dijual online.

Jeli terhadap kebutuhan dan keinginan target pasar adalah kunci dalam memilh produk yang tepat. Jika dikombinasikan dengan strategi pemasaran yang sesuai, bukan tidak mungkin, kesuksesan bisnis online dapat segera diraih.

Beberapa Pilihan Barang yang Cocok Dijual Online

Ingin segera memulai bisnis online? Mari cermati barang-barang yang sering dilihat berseliweran di media sosial. Ada beberapa kelompok barang yang sering muncul di timeline, bukan? Umumnya barang-barang tersebut adalah barang yang banyak dicari dan laris di pasaran.

Barang yang cocok dijual online ada beberapa jenis, di antaranya adalah:

1. Gamis

Gamis
(Sumber : Idntimes.com)

Beranda media sosialmu dipenuhi tawaran dari penjual gamis? Wajar saja. Sebab, gamis termasuk produk yang laris melalui penjualan online. Aneka model, warna, dan bahan menjadi pilihan yang menarik bagi pembeli. Tren busana hijab di Indonesia saat ini memang berkembang pesat. Orang-orang yang memakai hijab bisa tampil modis, dan trendy dengan adanya beragam model hijab dan gamis yang dijual secara online.

2. Jilbab

Sejalan dengan perkembangan tren gamis, model hijab atau jilbab juga semakin beragam. Ada yang mengusung model simpel. Namun, tak jarang juga yang lebih rumit tetapi tetap tampil elegan. Jilbab juga termasuk barang yang cocok dijual online. Lihat saja, ada beragam merk hijab yang populer di masyarakat. Kebanyakan memiliki ratusan hingga ribuan reseller yang menjual melalui media sosial maupun marketplace.

3. Sepatu

Dulu, sebelum maraknya penjualan online, untuk membeli sepatu harus datang ke tokonya. Dalam memilihnya pun harus rela telaten menyusuri rak pajangan dan gonta-ganti mencoba model dan ukuran yang diinginkan. Namun, saat ini, belanja sepatu dapat dilakukan di rumah. Bahkan sambil berbaring sekalipun. Cukup dengan modal akses internet, berbagai model dan merk sepatu dapat ditelusuri hingga menemukan yang cocok. Kemudahan ini yang membuat banyak orang memilih belanja sepatu secara online. Ini membuat bisnis sepatu online cukup menjanjikan untuk dijalani.

4. Handphone

Handphone seolah menjadi barang sangat diperlukan. Bahkan, tak jarang, satu orang bisa memiliki lebih dari satu handphone. Tentunya pangsa pasar handphone cukup menjanjikan. Selain itu, model dan tipe handphone selalu diperbarui setiap waktu. Itulah sebabnya selalu saja ada tipe dan seri handphone terbaru yang diluncurkan hampir setiap bulannya. 

Trend saat ini adalah pembelian handphone secara online. Selain praktis dan mudah, kadang banyak bonus dan benefit lain yang ditawarkan. Itulah sebabnya handphone juga menjadi barang yang cocok dijual online. Hampir semua orang memerlukan alat komunikasi ini. Dengan menjualnya secara online, pembeli dari daerah manapun dapat dijangkau.

Baca Juga: Apa Itu Bisnis Jastip? Sistem, Strategi dan Cara Memulai

5. Aksesori Handphone

Aksesori Handphone
(Sumber : Mirage-online.com)

Aksesori ini meliputi casing, Charger, screen protector, dan berbagai akserori pelengkap handphone lainnya. Jenis produk ini cukup laku di pasaran. Itulah sebabnya termasuk barang yang cocok dijual online. Jika tertarik menjualnya, pastikan peka terhadap tren. Sebab, penjualan produk ini memiliki persaingan cukup ketat. Dengan menjual barang yang sedang tren, tentunya akan lebih menarik pembeli.

6. Produk Kesehatan

Kesadaran masyarakat terhadap kesehatan sudah semakin meningkat. Tren menjaga kesehatan dengan mengonsumsi herbal cukup menarik perhatian. Banyak produk herbal yang ditawarkan secara online. Contohnya: kapsul habatussauda, minyak obat, madu, sari kurma, dan lain sebagainya. 

Walaupun termasuk barang yang cocok dijual online, pastikan menjual produk yang telah memiliki izin BPOM (Balai Pengawas Obat dan Makanan). Sebab, tak sedikit produk kesehatan yang ditawarkan secara online, ternyata palsu atau tidak sesuai dengan standar kesehatan.

7. Peralatan Rumah Tangga

Terlihat sepele, tetapi cukup menarik perhatian. Di media sosial, banyak berseliweran penawaran produk peralatan rumah tangga. Umumnya yang ditawarkan adalah barang yang memiliki bentuk unik, berfungsi ganda, dan praktis. Produk jenis ini banya diminati, selain karena fungsinya, harganya relatif  murah, dan biasanya cukup ringan sehingga tidak membebani biaya kirim. 

Beberapa conroh peralatan rumah tangga yang banyak dijual secara online di antaranya adalah, rak bongkar pasang, pemotong sayur otomatis, alat pel pintar, mug yang bisa mengaduk sendiri, lampu kamar unik, dan lain sebagainya.

8. Mainan

Biasanya mainan yang ditawarkan secara online adalah mainan yang unik dan tidak mudah ditemukan di pasaran. Produk mainan edukasi juga termasuk barang yang cocok dijual online. Misalnya mainan yang memudahkan anak belajar angka, huruf, dan juga huruf  hijaiyah. Mainan berupa activity book, baik itu buatan tangan maupun pabrikan juga banyak diminati.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Jajanan Anak SD untuk Pengusaha

9. Makanan Ringan

Makanan Ringan
(Sumber : Hot.liputan6.com)

Berbagai makanan ringan dengan tampilan dan variasi yang unik ternyata juga menjadi favorit pembeli di pasar online. Makanan ringan yang banyak dicari umumnya yang bercita rasa pedas, gurih, renyah, dan memiliki banyak varian rasa. Tidak perlu memproduksi sendiri untuk berjualan makanan ringan secara online. Cukup dengan menjadi reseller atau dropshipper saja, keuntungan bisa diraih. Bahkan, banyak produsen makanan online yang sudah menyediakan materi promosi berupa gambar, video, dan teks untuk mendukung penjualan reseller-nya.

Tidak Hanya Tentang Barang yang Cocok Dijual Online

Berjualan online tidak hanya melulu tentang jenis dan kualitas barang saja. Persaingan yang cukup ketat membuat penjual online harus memiliki strategi yang cermat. Pelayanan yang ramah, transaksi yang mudah, dan pengiriman yang cepat juga menjadi faktor penentu kesuksesan berjualan online. Adanya bonus, paket promo, dan diskon juga sering menjadi magnet bagi pembeli. Perhitungkan dengan baik harga setiap produk agar dapat menentukan dana yang bisa dialokasikan untuk program-program promosi tersebut.

Akhirnya, ingatlah pepatah mengatakan, tak kenal maka tak sayang. Jadi, jika sudah menentukan barang yang cocok dijual online, pastikan melakukan promosi melalui sosial media secara rutin dan terjadwal. Hal ini penting untuk membuat produk dan penjualnya dikenal semakin banyak calon pembeli.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.