7 Aplikasi Pendukung Bisnis yang Digunakan Perusahaan Besar

aplikasi pendukung bisnis

Menjalankan sebuah bisnis bukan berarti bisa bersantai-santai. Justru dengan memiliki sebuah bisnis, pebisnis dituntut untuk memiliki kreatifitas yang tinggi untuk selalu menghadirkan ide-ide baru untuk berinovasi. Terlebih di era digital saat ini yang segalanya serba online. Pebisnis seolah dituntut untuk mengikuti perkembangan jaman yang begitu pesat jika ingin produk atau jasanya tetap diminati oleh masyarakat. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi pendukung bisnis.

Aplikasi pendukung bisnis saat ini sudah bersifat wajib untuk dimiliki. Tidak perlu aplikasi yang mahal, saat ini sudah banyak aplikasi yang dapat diunduh secara gratis di Play Store atau AppStore. Aplikasi-aplikasi ini diharapkan dapat membantu para pebisnis untuk menjalankan bisnisnya supaya dapat berkembang dengan cepat. Beragam aplikasi pendukung bisnis gratis dapat dipilih sesuai kebutuhan. Pebisnis juga dapat memilih untuk menggunakannya secara gratis atau premium.

Sudah bukan rahasia lagi kalau perusahaan-perusahaan besar yang sedang populer saat ini menggunakan aplikasi pendukung bisnis untuk mempermudah pekerjaan mereka. Hal ini dikarenakan tuntutan perkembangan jaman yang begitu pesat. Sehingga mau tak mau pebisnis harus mengikuti perkembangan jaman untuk memantau pasar dan minat kosumen.

Tak perlu berpanjang lebar lagi, langsung saja simak 7 aplikasi pendukung bisnis berikut ini.

Baca Juga: Inilah Arti Payroll dan Fungsi Payroll dalam Perusahaan

7 Aplikasi Pendukung Bisnis yang Digunakan  oleh Perusahaan Besar

1. Evernote

Evernote
(Sumber: Youtube.com)

Aplikasi catatan akan sangat dibutuhkan oleh para pebisnis. Jika sebelumnya harus membawa catatan kecil kemana saja, sekarang sudah tidak perlu lagi karena sudah banyak tersedia aplikasi catatan di smartphone. Salah satunya adalah Evernote. Aplikasi Evernote ini banyak digunakan oleh para profesional untuk mencatat ide-ide baru untuk inovasi bisnisnya, maupun untuk mencatat hasil rapat. Pebisnis tidak perlu lagi membawa buku catatan kecil dan bolpoin, cukup dengan menginstal aplikasi Evernote melalui Play Store atau AppStore, maka pebisnis dapat menggunakannya kapanpun dan dimanapun.

Instal Evernote di PC : https://evernote.com/intl/id/download

Instal Evernote di Android : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.evernote

Instal Evernote di iPhone : https://itunes.apple.com/app/evernote/id281796108?mt=8

Kelebihan dari aplikasi ini adalah tetap dapat menyimpan data catatan meskipun sedang offline, terdaftar fitur pencarian, memiliki fitur tak dan kategori seperti blog, dapat membuat catatan suara atau voice note, pengguna juga dapat menyimpan lampiran file, menyimpan web kliping, membuat tabel, sharing, sinkronisasi, serta mengembalikan data yang hilang.

2. Xero Accounting

Aplikasi pendukung bisnis yang tak kalah pentingnya adalah aplikasi pembuat laporan keuangan, salah satunya adalah Xero Accounting. Aplikasi Xero Accounting sebelumnya hanya berupa aplikasi untuk desktop saja, akan tetapi sekarang telah diluncurkan versi androidnya.

Instal Xero Accounting di PC : https://www.xero.com/za/signup/

Instal Xero Accounting di Android : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.xero.touch&hl=en

Instal Xero Accounting di iPhone : https://apps.apple.com/app/xero-accounting-invoices/id441880705

Versi android Xero Accounting dapat diunduh secara gratis dan ukuran aplikasinya hanya 12MB. Dengan menggunakan aplikasi ini, pebisnis dapat terbantu untuk membuat invoice, struk belanja maupun dokumen keuangan lainnya. Xero Accounting juga dapat terkoneksi dengan sistem pembayaran online, perhitungan gaji, serta customer relationship management.

3. Aplikasi Talenta

Dalam menjalankan bisnis, seorang pebisnis tentu membutuhkan aplikasi yang dapat membantu untuk memanajemen karyawannya. Salah satu aplikasi manajemen karyawan yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar adalah Talenta. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di Play Store atau AppStore dan dapat digunakan di smartphone.

Instal Talenta di PC : https://demo.talenta.co/site/register-demo

Instal Talenta di Android : https://play.google.com/store/apps/details?id=co.talenta&hl=in&gl=US

Instal Talenta di iPhone : https://apps.apple.com/id/app/talenta/id1459958693

Talenta merupakan suatu aplikasi atau software HR berbasis cloud buatan orang Indonesia. Talenta dapat mendukung para HR untuk memanajemen karyawan, mulai dari absensi kehadiran, perhitungan lembur, payroll, pengajuan cuti, serta manajemen waktu pegawai. Aplikasi ini juga dapat digunakan secara mandiri oleh para karyawan untuk pekerjaan mereka.

Baca Juga: Pengertian Invoice Adalah: Jenis-Jenis dan Cara Membuatnya

4. Google Suite

Google Suite
(Sumber: Bard.edu)

Pada era digital ini, semua pekerjaan dilakukan secara online. Baik perusahaan besar atau kecil, perusahaan lama atau baru, semuanya harus mulai terbiasa dengan teknologi cloud computing. Salah satunya adalah dengan menggunakan Google Suite. Google Suite sendiri merupakan tools dari Google yang menggabungkan berbagai fitur yang dapat membantu menyelesaikan masalah produktivitas yang kerap dihadapi oleh berbagai perusahaan.

Dalam Google Suite ini terdapat berbagai aplikasi yang dapat mendukung bisnis, diantaranya adalah Gmail, pembuatan dokumen dan presentasi, kalender, Google Drive, Gogle Contact, Google Sheets, Google Form, Google Keep, Google Sites, hingga Google Hangout. Semua fitur ini telah tergabung dalam Google Suite dan secara otomatis semua data telah tersimpan di cloud.

Namun tools ini tidak dapat digunakan secara gratis. Pebisnis yang ingin menggunakan Google Suite harus membayar sebanyak US$5 setiap bulan per orang untuk tim. Dengan menggunakan Google Suite, pebisnis akan mendapatkan akun Gmail dengan menggunakan domain perusahaan sendiri dan mendapatkan sebanyak 30GB penyimpanan per akun. Selain itu terdapat juga plan khusus bisnis, yaitu Bussiness Plan dengan harga US$10 per bulan. Tenang saja, pebisnis dapat menggunakan trial 14 hari sebelum menentukan akan memilih plan yang mana.

5. Aplikasi Perbankan

Dalam suatu bisnis tentu tak lepas dari kebutuhan transaksi antar bank, baik dengan supplier, pelanggan, maupun karyawan. Untuk itu seorang pebisnis membutuhkan aplikasi pendukung bisnis berupa aplikasi perbankan. Sudah tidak jaman lagi mendatangi kantor bank secara langsung hanya untuk transfer atau mengecek saldo di rekening. Bahkan kebanyakan pebisnis juga terlalu sibuk hanya untuk pergi ke gerai ATM. Oleh karena itu wajib halnya untuk memiliki aplikasi perbankan di smartphone.

Aplikasi perbankan dapat diunduh secara gratis di toko aplikasi seperti Google Play Store atau App Store. Setiap bank juga sudah memiliki layanan mobile banking untuk para nasabahnya. Dengan memiliki mobile banking, pebisnis dapat melakukan transaksi finansial maupun non finansial tanpa harus pergi ke ATM atau kantor cabang. Terlebih apabila pengelola keuangan masih dipegang langsung oleh pemilik bisnis, maka mobile banking akan sangat membantu dalam menjalankan bisnis kapanpun dan dimanapun.

Baca Juga: Pengertian Bisnis Autopilot dan Cara Membangun Sistemnya

6. Paper.id

Paper.id
(Sumber: Mnews.co.id)

Jika sebelumnya membuat dan menerbitkan invoice masih dilakukan secara manual, saat ini telah hadir aplikasi pembuat invoice elektronik otomatis bernama Paper.id. Aplikasi ini fokus pada fitur invoicing otomatis. Aplikasi dapat digunakan di berbagai perangkat, antara lain smartphone, tablet, serta laptop secara gratis. Dengan menggunakan aplikasi ini, pemilik bisnis dapat dimudahkan dalam membuat invoice elektronik secara otomatis dan akan langsung terhubung dengan laporan keuangan bisnis. Tagihan nantinya dapat dibayar melalui berbagai metode pembayaran, diantaranya transfer antar bank, kartu kredit atau debit, virtual account (VA, dompet digital, hingga m-banking.

Instal Paper.id di PC : https://www.paper.id/webappv1/#/register

Instal Paper.id di Android : https://play.google.com/store/apps/details?id=id.paper.invoicer&hl=in&gl=US

7. Media Sosial

Menjangkau para konsumen dan pelanggan saat ini tidak hanya terbatas dengan baliho, poster, maupun alat promosi fisik lainnya, melainkan sudah dapat dilakukan secara digital yakni melalui media sosial. Promosi secara digital ini lebih murah dan menghemat waktu dan sumber daya daripada promosi secara fisik. Terlebih media sosial yang digunakan oleh hampir setiap orang berbagai usia. Pebisnis perlu membuat akun media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dsb untuk dapat mempromosikan bisnisnya secara luas. Saat ini media sosial juga menyediakan fitur promosi berupa iklan bagi para pebisnis yang ingin menjangkau lebih banyak konsumen.

Demikian penjelasan mengenai aplikasi pendukung bisnis, semoga bermanfaat.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like