Mengenal Apa Itu Revenue dan Cara Meningkatkan Revenue

apa itu revenue

Mengenal apa itu revenue membutuhkan beberapa referensi. Sebab dalam dunia ekonomi dan pemasaran masih terdapat faktor penunjang nilai revenue ataupun dari segi uang yang diterima seorang pemilik usaha.

Masih cukup populer di dunia marketing bahwa tingkat besaran revenue dari satu bisnis penjualan produk dan jasa, selalu berbanding lurus dengan berbagai macam metode pemasaran yang dipakai.

Bisa dikatakan revenue ini menjadi modal tepat untuk melihat seperti apa prosedur pembuatan laporan keuangan. Hingga akhirnya ada beberapa perbandingan antara biaya produksi kemudian seperti apa nilai keuntungan bersih dan kotor pada satu ide bisnis.

Baca Juga: Apa Itu Pasar Bisnis? Inilah Pengertian dan Ciri-Cirinya

Mengenal Apa Itu Revenue

Revenue adalah komponen utama yang perlu diperhitungkan pada satu ide bisnis skala besar ataupun kecil. Walaupun tidak selalu sama dari segi nilai besaran yang didapatkan pada sisi revenue penjualan ataupun pemberian nilai profit dari pelanggan ternyata masih perlu dibedakan dari beberapa faktor.

Revenue masih diartikan sebagai uang yang diterima langsung oleh pemilik berdasarkan nilai jual produk ataupun jasa. Setiap nilai profit jasa ataupun produk ke pihak pelanggan akan langsung dicatat dalam bentuk laporan keuangan. Namun, prosedur pencatatan laporan keuangan dari menghitung revenue ini hanya dicatat pada satu periode tertentu saja.

Beberapa komponen seperti jumlah kotor, kemudian pemotongan biaya produksi, hingga menghasilkan nilai keuntungan bersih sudah masuk ke dalam perhitungan revenue. Maka dari itu dari seorang pemilik usaha inilah harus mengerti bagaimana revenue benar-benar diperhitungkan sebagai salah satu modal terbaik agar perhitungan nilai income bisnis tetap teratur dan mudah dipantau.

1. Operating Revenues

Operating Revenues
(Sumber: Wallstreetmojo.com)

Pada jenis revenue operating ini menghasilkan informasi seputar pendapatan dari satu instansi bisnis ataupun perorangan dengan mencantumkan beberapa faktor. Adapun faktor penting di dalam informasi operating revenues diantaranya aktivitas bisnis, hingga hasil penjualan ataupun dari sektor jasa.

Sejumlah informasi penting dalam operating revenues harus dianalisa dengan tujuan mempermudah semua pengamatan hingga penghitungan nilai profit maupun jumlah kerugian.

2. Non Operating Revenues

Jenis non operating revenues juga menghasilkan informasi seputar pendapatan yang mampu dihasilkan bukan dari aktivitas bisnis. Namun, dari peran penting non operating revenues ini cenderung fokus pada peningkatan nilai income dalam bentuk saham, bunga deposit dari pihak bank ataupun pada sumber income lainnya.

Fokus utama non operating revenues ini membangun beberapa dana penunjang untuk mengantisipasi sektor operating revenues ketika terjadi sebuah kondisi kurang menguntungkan. Nilai profit dalam non operating revenues ini cenderung besar, meskipun masih digunakan sebagai aset ataupun investasi.

Perbedaan Revenue dan Income

Dua komponen revenue dan income sudah pasti memperlihatkan perbedaan. Dari sinilah Anda perlu memahami seperti apa perbedaan dari revenue ataupun income yang sebenarnya bisa memperlihatkan komponen penting lainnya yang juga memberi nilai manfaat pada sebuah bisnis.

Untuk revenue atau sering disebut sebagai pendapatan ini menjadi satu perhitungan dari pendapatan hasil kotor di sebagian produk ataupun jasa. Sedangkan masa perhitungan revenue ini masih dalam satu periode pendek saja. Karena itu ada perbedaan dengan income yang sebenarnya bisa diperhatikan pada penggunaannya.

Sedangkan dari income atau penghasilan ini masih menjadi nilai keuntungan bersih atau disebut netto dengan perhitungan periode bisnis dalam jangka waktu tertentu. Penghasilan bisa diperoleh ketika informasi pendapatan total di sebuah periode dikurangi dengan beban pengeluaran di satu periode yang sama.

Cukup banyak contoh perhitungan antara revenue dengan income yang sama-sama menghadirkan laporan keuangan penting pada sebuah potensi bisnis besar ataupun kecil.

Sehingga dalam beberapa kesempatan mengenal defisi revenue selalu bisa menjadi indikator penting dalam melihat berbagai macam metode menghitung income dan pengeluaran lebih tepat.

Baca Juga: Apa itu Unicorn dalam Bisnis? Ini Pengertian dan Ciri-Ciri

Bagaimana Cara Meningkatkan Revenue Pada Sebuah Bisnis

Sejumlah income besar dan menguntungkan di dalam perusahaan ataupun ide bisnis skala besar selalu menginginkan bagaimana cara tepat meningkatkan revenue. Maka dari itu, ada pertumbuhan dari sisi internal hingga eksternal perusahaan. Hingga ada beberapa metode tepat untuk menambah nominal revenue dalam waktu cukup cepat.

1. Susun Strategi Penjualan

Susun Strategi Penjualan
(Sumber: Sevenads.id)

Strategi penjualan akan berdampak besar pada nilai revenue terutama pada durasi waktu singkat. Perhitungan revenue pada periode tertentu ini memunculkan strategi penjualan lebih tepat. Bahkan pihak perusahaan selalu berpikir untuk bisa menghabiskan stok penjualan lebih efektif.

Dari sinilah Anda bisa melihat strategi penjualan lebih tepat dengan tujuan meningkatkan penjualan perusahaan. Tidak hanya dari membuat inovasi dalam bidang marketing, akan tetapi penambahan kualitas produk hingga membungkus sebuah produk dengan apik menjadi bagian utama menambah nominal revenue lebih besar.

2. Membuat Target Pasar Lebih Luas

Membuat Target Pasar Lebih Luas
(Sumber: Womantalk.com)

Penggunaan strategi pengembangan target pasar lebih luas juga berdampak besar pada peningkatan revenue lebih maksimal. Kunci tepat dalam menambah besaran revenue memang perlu mencoba beberapa model pemasaran produk unggulan. Tidak hanya itu, pengamatan akan respon pasar juga terus dikembangkan hingga prediksi nilai penjualan satu produk bisa tercapai.

Tidak mudah untuk sebuah perusahaan membuat prediksi tepat dalam menilai bagaimana standar media pemasaran lebih lengkap dan jitu. Dari sinilah produk-produk unggulan selalu menjadi target utama dalam sistem penjualan dan perluasan target pasar. Tidak jarang respon pasar selalu dipantau dengan melihat bagaimana sebuah merk bisa dipasarkan lebih mudah.

3. Memastikan Struktur Perusahaan Lebih Maksimal

Tidak fokus pada pengembangan target pasar saja, tetapi sebuah perusahaan yang ingin menambah revenue perlu memastikan struktur kerangka di dalamnya bekerja maksimal. Bila perusahaan mengerjakan semua metode penjualan dengan tepat, maka strategi yang dianggap matang dan maksimal bisa langsung dikembangkan sebagai satu metode pemasaran lebih akurat.

Struktur di dalam perusahaan berperan penting untuk memperlancar kegiatan penjualan. Bila dalam satu kerangka perusahaan tidak berjalan maksimal, sudah pasti revenue tidak mudah didapatkan bahkan cenderung kurang mengerti bagaimana mendapatkan peluang besar dalam mengantisipasi sebuah kondisi yang dikatakan kurang menguntungkan.

Baca Juga: Apa Itu Bisnis Model Canvas? Definisi, Pengertian, dan Cara Memulai

4. Selalu Berfokus Pada Proses

Semua komponen baik itu strategi, struktur dan proses mengembangkan revenue juga dianggap perlu untuk diperhitungkan sejak awal. Bahkan sampai sekarang banyak struktur perusahaan mendapat perubahan karena dianggap proses meningkatkan revenue ini membutuhkan banyak faktor penentu yang bersifat fleksibel.

Peluang besar dalam mendapatkan nilai revenue lebih tinggi juga cukup mudah didapatkan ketika ada konsep strategi tim sales dalam bekerja sesuai peraturan SOP dan kebijakan perusahaan.

Sedangkan untuk sisi pengembangan sarana penting dalam proses mendapatkan hasil revenue lebih optimal juga perlu diperhitungkan dengan mencoba bagaimana sistem penjualan produk dan jasa lebih akurat.

Segala macam pilihan metode untuk meningkatkan revenue ternyata cukup rumit. Pada satu perusahaan berskala besar ataupun kecil juga sama-sama menggunakan banyak peluang besar yang membuat revenue ini sebagai modal terbaik untuk meningkatkan nilai manfaat produk dan jasa. Tidak lupa dari apa itu revenue ini cukup efektif dipelajari semua struktur perusahaan untuk mencegah kerugian.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like