Memahami pengertian apa itu bisnis menjadi hal yang harus dilakukan pertama kali oleh setiap orang yang memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis. Secara umum, kegiatan bisnis dilakukan oleh sebuah lembaga yang memproduksi barang dengan skala tertentu. Selanjutnya, mempromosikan barang tersebut guna memenuhi kebutuhan masyarakat yang mana akhirnya bisa mendatangkan keuntungan bagi lembaga yang memproduksi barang tersebut.

Saat ini, semakin banyak bisnis baru yang mulai bermunculan, baik bisnis skala kecil maupun bisnis skala besar. Bahkan, kini pebisnis muda juga semakin banyak ditemui dengan beragam produk atau jasa yang ditawarkan. Tentu saja, hal ini menjadi pembuktian bahwa kegiatan berbisnis sangat diminati oleh berbagai range usia.

Memahami Pengertian Apa Itu Bisnis


Apa Itu Bisnis
(Sumber: wework.com)

Pengertian bisnis secara umum yaitu sebuah kegiatan atau aktivitas yang dilakukan oleh kelompok organisasi atau individu yang berkaitan dengan proses produksi, distribusi, penjualan, pembelian, hingga pertukaran jasa atau barang. Segala bentuk kegiatan bisnis tersebut mempunyai tujuan yang sama, yaitu mendapatkan laba atau keuntungan.

Baca Juga : Keuntungan Membuat Studi Kelayakan Bisnis untuk Pengusaha

Jika dilihat dari sisi etimologi, istilah ‘bisnis’ sebenarnya berasal dari istilah Bahasa Inggris ‘business’ yang artinya adalah ‘kesibukan’. Jadi, arti bisnis yaitu mengerjakan dan melakukan segala pekerjaan atau aktivitas guna menghasilkan keuntungan bagi individu atau lembaga yang menjalankan bisnis tersebut.

Tentunya, ada banyak pihak yang terlibat dalam berlangsungnya sebuah bisnis. Nah, pihak-pihak yang memiliki kepentingan dalam sebuah bisnis antara lain pemilik atau owner, karyawan, kreditor, pemasok atau supplier, dan pelanggan atau customer.

Tujuan dan Fungsi Bisnis


Apa Itu Bisnis
(Sumber: bmc.com)

Semua jenis kegiatan tentunya mempunyai tujuan tersendiri, begitu pula dengan kegiatan bisnis. Jadi, bisnis harus memiliki tujuan yang jelas. Untuk apakah bisnis tersebut perlu dibangun serta dikembangkan?

Nah, umumnya tujuan utama dari kegiatan bisnis yaitu untuk mendapatkan keuntungan dari jasa atau barang yang diproduksi. Ya, tujuan dilakukannya sebuah bisnis yaitu untuk memenuhi kebutuhan konsumen sekaligus mencari laba atau keuntungan. Biasanya, orang-orang membangun sebuah bisnis karena melihat adanya kesempatan untuk memproduksi barang maupun jasa yang selama ini belum pernah ditawarkan oleh industri atau perusahaan lain.

Baca Juga : Mengenal Apa itu Bisnis Database dan Tips Menjalankannya

Namun, ada pula pelaku bisnis yang  berkeinginan memproduksi barang dengan harga jual lebih murah daripada barang yang dijual oleh perusahaan lain. Dengan begitu, maka kesempatan untuk mendapatkan banyak laba akan terbuka lebar. Selain tujuan, segala kegiatan yang erat kaitannya dengan bisnis juga pasti mempunyai fungsi. Lantas, apa saja fungsi dari kegiatan bisnis? Berikut ini adalah 4 fungsi kegiatan bisnis:

1. Fungsi Produksi

Apa yang dimaksud dengan fungsi produksi? Artinya yaitu sebuah fungsi dalam proses produksi dari sebuah bisnis yang akan menghasilkan jasa atau suatu barang tertentu yang dibutuhkan oleh masyarakat. Sebagai contoh adalah perusahaan furniture dan perusahaan jasa keuangan.

2. Fungsi Distribusi

Maksud dari fungsi distribusi adalah fungsi bisnis dalam proses distribusi yang mana sebuah bisnis pastinya akan mendistribusikan atau menyalurkan jasa atau barang ke wilayah atau lokasi terdekat dengan lingkungan masyarakat yang menjadi konsumen.

3. Fungsi Penjualan

Fungsi bisnis yang selanjutnya, yaitu fungsi penjualan. Dalam hal ini, fungsi bisnis berperan dalam proses penjualan jasa atau produk yang diproduksi oleh perusahaan kepada para konsumen.

4. Fungsi Pemasaran

Arti fungsi pemasaran adalah fungsi bisnis dalam kegiatan pemasaran atau penyimpanan barang. Contohnya, jika saat itu barang produksi kurang bermanfaat atau kurang dibutuhkan oleh konsumen, maka barang akan disimpan terlebih dahulu baru kemudian dikeluarkan ketika mempunyai manfaat bagi konsumen atau sedang dibutuhkan oleh masyarakat.

Jenis-jenis Bisnis


Apa Itu Bisnis
(Sumber: legal-translations.com.au)

Dengan semakin meningkatnya kemajuan zaman, maka jenis-jenis bisnis pun kian beragam. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis bisnis kegiatan dan kegunaan.

1. Jenis-Jenis Bisnis Berdasarkan Kegiatan

a. Bisnis agraris

Bisnis agraris merupakan sebuah kegiatan bisnis dalam bidang perkebunan, peternakan, pertanian, perikanan, serta sejenisnya. Contohnya adalah bisnis peternakan seperti budidaya ikan serta ternak kambing dan sapi.

b. Bisnis jasa

Bisnis jasa merupakan kegiatan bisnis yang berkaitan dengan bidang jasa. Lebih tepatnya, bisnis ini menciptakan dan menghasilkan produk tidak berbentuk atau tidak tampak. Contoh jenis bisnis yang berkaitan dengan bidang jasa, yaitu bisnis jasa asuransi, pariwisata, kesehatan, pendidikan, dan kecantikan.

c. Bisnis ekstraktif

Bisnis ekstraktif merupakan aktivitas bisnis dalam bidang pertambangan. Bisnis ini berkaitan dengan cara menggali bahan-bahan tambang yang berada di perut bumi. Nah, beberapa contoh bahan tambang yang berkaitan dengan dunia bisnis adalah emas, besi, batu bara, tembaga, intan, gas bumi, minyak, dan semacamnya.

d. Bisnis industri

Bisnis industri merupakan kegiatan bisnis berkaitan dengan bidang manufaktur. industri manufacturing. Manufaktur sendiri merupakan kegiatan bisnis yang menciptakan atu memproduksi produk dari barang mentah, lalu dijual agar memperoleh keuntungan. Contoh industri manufaktur, yaitu perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi barang fisik, misalnya pipa, mobil, kertas, rokok, tekstil, garment, pesawat terbang, dll.

Baca Juga : Mengenal Hukum Bisnis Secara Detail dan Lengkap

e. Bisnis transportasi

Bisnis transportasi merupakan jenis bisnis yang mencari keuntungan dari aktivitas mengantarkan individu atau barang dari satu lokasi ke lokasi lainnya menggunakan jenis transportasi tertentu. Baik menggunakan transportasi sepeda motor, mobil, kapal. hingga pesawat terbang.

f. Bisnis online

Bisnis online merupakan jenis bisnis yang dijalankan dengan sistem online atau melalui internet. Saat menjalankan bisnis online, semua jenis barang dapat dijual-belikan seperti bisnis lainnya. Hanya saja, proses promosi barang dilakukan menggunakan internet dengan memanfaatkan beberapa media seperti Instagram, website, Facebook, Blog, Path, dan jenis media sosial lainnya. Saat ini, bisnis online tengah melejit popularitasnya di Indonesia.

2. Jenis Bisnis Berdasarkan Kegunaan

a. Kegunaan tempat (Place Utility)

Place utility merupakan kegiatan bisnis yang dilakukan untuk memindahkan sebuah benda dari tempat yang satu ke tempat lain, sehingga bisa mempunyai lebih banyak manfaat. Tentunya, bisnis ini bergerak dalam bidang transportasi. Contohnya yaitu bisnis angkutan barang dan angkutan manusia. Baik angkutan darat, udara, atau laut

b. Kegunaan bentuk (Form Utility)

Form utility yaitu sebuah kegiatan bisnis yang dilakukan dengan cara mengolah sebuah benda menjadi benda lain dengan bentuk yang berbeda. Bentuk benda yang baru ini mempunyai manfaat yang lebih besar untuk masyarakat dibandingkan dengan bentuk benda yang sebelumnya. Contoh dari bisnis ini adalah meubel yang dibuat dari bahan kayu serta bisnis pakaian yang dibuat dari kain atau benang.

c. Kegunaan waktu (Time Utility)

Time utility merupakan kegiatan bisnis yang dilakukan dengan cara menyimpan sejumlah barang tertentu. Tujuannya adalah apabila barang yang dikeluarkan tersebut, saat ini kurang memberikan manfaat bagi para konsumen. Untuk itu, barang tersebut disimpan terlebih dahulu. Lalu, barang itu kemudian dikeluarkan kembali pada saat banyak konsumen yang membutuhkannya. Nah, contoh jenis bisnis semacam ini adalah bulog dan pergudangan di daerah pelabuhan.

d. Kegunaan pemilikan (Possession Utility)

Possession utility merupakan kegiatan usaha atau bisnis yang dilakukan guna menciptakan dan memenuhi kebutuhan akan jasa atau barang yang dimiliki. Contoh jenis bisnis ini, yaitu bisnis pertokoan dan bisnis perdagangan.

Setiap jenis bisnis tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan pemahaman mengenai pengertian apa itu bisnis serta analisis yang mendalam sebelum memutuskan untuk menjalankan sebuah bisnis tertentu. Dengan persiapan yang matang, maka bisnis bisa berjalan lebih lancar dan mampu mendatangkan banyak keuntungan.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.