Bagi para perbisnis, atau pengusaha, istilah analisis SWOT memang tidak asing lagi. Karena salah satu langkah membuat blue print bisnis yang baik adalah memasukkan unsur analisis terebut dalam salah satu step atau langkah yang harus dibuat. Karena analisis tersebut menjadi salah satu pondasi yang harus dibangun agar bisnis bisa berkembang dengan lebih baik lagi.

Untuk itu, agar dapat memahami lebih baik lagi mengenai analisis SWOT, mari simak dalam penjelasan berikut ini.

Baca Juga: Contoh Pesan Bisnis dan Struktur Penyusunan yang Benar

Pengertian Analisis SWOT

Istilah SWOT berasal dari singkatan atas istilah bahasa Inggris yang secara detail adalah strengths atau kekuatan, weaknesses atau kelemahan, opportunities atau peluang, dan threats yang artinya adalah ancaman.

Analisis SWOT sendiri dijadikan sebagai suatu model analisa ketika menganalisis suatu organisasi atau bisnis yang berorientasi pada keuntungan atau profit maupun non profit (nirlaba). Tujuan utamanya adalah untuk mengetahui keadaan organisasi atau bisnis tersebut secara lebih komprehensif dan objektif.

Ketika melakukan proses analisis ini, idealnya melibatkan dua komponen besar sebagai bahan analisa. Yaitu, analisis dari dalam atau internal perusahaan dan analisis dari luar perusahaan atau eksternal.

Analisis internal perusahaan sendiri, digunakan untuk mengidentifikasi keunggulan dan kelemahan perusahaan atau lembaga tersebut. Sedangkan analisis secara eksternal digunakan untuk mengidentifikasi peluang dan ancaman dari luar atau eksternal. Sehingga, dengan pengintegrasian kedua analisis tersebut, baik secara internal atau eksternal. Maka dapat diperoleh analisis SWOT yang lengkap dan objektif.

Menurut salah satu pakar di analisis ini, yaitu Fredy Rangkuti. Analisis SWOT merupakan langkah identifikasi berbagai faktor secara sistematis dan efisien untuk merumuskan strategi perusahaan. Analisis ini berdasarakan pada hubungan atau interaksi dari unsur internal yang merupakan pengejawantahan kekuatan dan kelemahan, terhadap unsur-unsur eksternal berupa peluang serta ancaman.

Analisis ini sendiri, merupakan bentuk analisis terhadap situasi dan kondisi yang bersifat deskriptif atau digunakan untuk memberi gambaran. Oleh karenanya, cara ini menempatkan situasi dan kondisi sebagai faktor masukan, kemudian dikelompokkannya menurut kontribusi masing-masing unsur yang terlibat di dalamnya.

Keuntungan Menggunakan Analisis SWOT

Keuntungan Menggunakan Analisis SWOT
(Sumber: Akurat.co)

Dalam pengaplikasiannya, banyak alasan yang mendasari betapa pentingnya melakukan analisis SWOT ini. Untuk itu, mari simak beberapa hal yang bisa diperoleh manfaatnya jika menggunakan metode ini.

  • Dengan menggunakan analisis ini, pebisnis atau pengelola dapat memberikan gambaran suatu kondisi objektif dari empat sudut dimensi. Yaitu unsure strengths, weaknesses, opportunities, and threats. Sehingga pengambil keputusan dapat lebih objektif dan komprehensif.
  • Dapat dijadikan sebagai blue print bisnis secara jangka panjang.
  • Mampu memberikan pemahaman kepada para pemegang saham untuk ikatan kerjasama yang saling menguntungkan.
  • Dapat dijadikan penilai secara rutin dalam melihat laporan dan dasar setiap keputusan yang telah dibuat selama ini.

Baca Juga: Peranan, Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Konsultan Bisnis dalam Perusahaan

Meracik Fomulasi Analisis SWOT

Meracik Fomulasi Analisis SWOT
(Sumber: Olympics30.com)

Untuk mencapai level analisis yang benar-benar mengena pada bisnis atau organisasi, maka dalam menganalisinya harus melibatan faktor eksternal dan internal. Untuk itu, mari simak ulasan berikut ini.

1. Faktor Eksternal

Faktor eksternal ini akan memengaruhi terbentuknya unsure O dan T atau opportunities and threats. Nyatanya, faktor ini memengaruhi faktor yang terjadi di luar perusahaan akan tetapi, juga memengaruhi pembuatan keputusan di dalam perusahaan. Adapun beberapa contoh yang menjadi faktor eksternal adalah ekonomi, politik lingkungan industri, hukum, kependudukan, sosial budaya dan teknologi.

2. Faktor Internal

Faktor internal ini dapat memengaruhi terbentuknya unsure S dan W atau strength and weaknesses. Adapun beberapa contoh yang menjadi faktor internal ini adalah sumber daya manusia, budaya perusahaan, pemasaran, operasi, penelitian keuangan, pengembangan dan sistem informasi manajemen.

Contoh Kasus Analisis SWOT

Contoh Kasus Analisis SWOT
(Sumber: Ukirama.com)

Setelah memahami pengertian dari metode analisis ini, maka segera lakukan listing dari setiap poin dalam sebuah table atau diagram. Namun, jika bingung dalam melakukannya, dapat melihat penjabaran dalam contoh berikut ini. Yang mana, dicontohkan misalnya hendak memulai bisnis Makanan Siap Saji Steril.

Untuk proses analisisi dan petakan masalah di produk, paling mudah gunakan metode SWOT (strengths, weakness, opportunities, dan threats) yang secara garis besar sudah dapat dijadikan acuan dalam menentukan posisi produk. Berikut, contoh analisis untuk bisnis Makanan Siap Saji yang Steril.

1. Strength (kekuatan)

  • Jangkauan pemasaran lebih luas.
  • Menjadi kebutuhan utama selama masa krisis Covid-19.
  • Belum banyak kompetitor.
  • Harga jual rendah dibandingkan makanan streil lain.
  • Mudah proses distribusinya.
  • Bisa simpan lebih lama dan bagus untuk persediaan dalam jangka dekat.

2. Weakness (kelemahan)

  • Proses produksi masih semi modern, jadi lebih lambat dibanding kompetitor yang sudah punya peralatan serba canggih.
  • Belum ada uji spesifik untuk hasil akhir sehingga masih rawan terkena kontaminasi.
  • Tidak bisa disimpan dalam jangka lama, maksimal hanya 2 minggu.

3. Opportunity (peluang)

  • Mengikuti trends serba sehat, higienis dan stetil.
  • Praktis dan bisa menjadi pilihan ransum untuk yang sedang karantina mandiri.
  • Proses produksi yang semi modern membuat otentifikasi rasa lebih terjaga.
  • Lebih berpeluang menjalin kerjasama dengan perusahaan, instansi dan lembaga penyaluran donasi.

4. Threats (ancaman)

  • Sulit mengedukasi konsumen jika produk memang berbeda dengan nasi kotak kebanyakan atau makanan kaleng.
  • Harga yang lebih tinggi dibanding nasi kotak.
  • Jika ada kontaminasi, maka banyak produk yang dibuang.

Baca Juga: Ide Bisnis Kuliner New Normal yang Tak Pernah Sepi Pembeli saat Pandemi Corona

Dari empat parameter di atas, yaitu strengths, weakness, opportunities, dan threat. Dapat diketahui bahwa dari sekilas saja sudah bisa mendapatkan gambaran apa yang akan dilalui oleh pebisnis ketika menjalani bisnis Makanan Makanan Siap Saji Steril tersebut.

Sehingga, pebisnis bisa lebih siap lagi sebelum running produk. Jadi setiap komponen akan diturunkan lagi lebih detail untuk mendapatkan satu solusi. Sehingga, dalam masa menjalankannya, pebisnis tidak akan mudah patah arang selama menjalani proses yang bersinggungan dengan faktor weakness dan threat.

Dari empat unsur analisis SWOT di atas, pebisnis juga bisa mendapatkan blue print bisnis ke depannya. sehingga, bisa mulai bersiap sedari dini untuk menaikkan unsure strengths and opportunities. Sehingga bisa melampaui competitor yang head to head, dan ke depannya bisa melampaui competitor raksasa-nya.

Terlihat mudah, namun saat menurunkan dalam bagan atau skema detailnya, usahakan ada target pencapain. Jangan sampai ketika focus pada unsure weakness dan threat malah mundur dan melupakan adanya unsure strengths and opportunitie. Jadi harus tetap balance dan jalan, serta lakukan trial dan evalausi untuk perbaikan setiap komponennya.

Demikian ulasan mengenai analisis SWOT yang perlu dilakukan oleh perorangan atau kelompok sebelum memulai bisnis atau organisasi. Namun, bagi yang sudah terlanjut berjalan, tidak ada salahnya untuk berhenti sejenak, mengambil sisi terbaik untuk merumuskan dan membuat sistem analisis tersebut.

Mengingat, dalam pelaksanaannya, analisis SWOT ini sangat berguna untuk proses berkelanjutannya sebuah bisnis atau organisasi. Sehingga, dalam pengaplikasiannya, sangat berguna untuk keputusan-keputusan penting yang terjadi dalam bisnis atau organisasi. Selamat mencoba.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.