Usaha Baru Bisnis Kue Kering di Rumah

By | 16 March 2018

Usaha Baru Bisnis Kue Kering di Rumah
salah satu bisnis yang menghasilkan untung saat momen lebaran adalah bisnis kue kerin Hampir semua orang membutuhkan kue kering sebagai suguhan pada hari lebaran. Biasanya, setelah shalat led orang-orang memiliki tradisi berkunjung ke rumah tetangga, teman, atau famili, baik sekadar bersalaman maupun bersilaturahmi. Umumnya, tuan rumah akan memberikan hidangan yang berupa kue kering khas lebaran kepada tamunya yang berkunjung, seperti kue nastar, putri salju atau lidah kucing. Sehingga, kebutuhan konsumen akan kue kering pun meningkat signifikan dibanding pada hari-hari biasa. Hal ini bisa dijadikan peluang yang sangat menguntungkan. Bagi ibu rumah tangga yang memiliki hobi membuat kue, bisnis ini tidak sulit untuk dijalankan. Andabisa memproduksi ragam jenis kue kering atau kreasi kue keringbaru. Lalu, segera promosikan lewat offline maupun online. Dengan begitu, bisnis Anda akan dikenal masyarakat. Agar memaksimalkan hasil bisnis kue kering ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yakni masalah kemasan, tren pasar, inovasi produk, bahan, dan nama.

Usaha Baru Bisnis Kue Kering di Rumah

yang perlu disiapkan sebelum buat kue kering

  • Kemasan. Kemasan kue kering bisa dibuat spesial dengan pita atau pernak-pernik hari raya. Hari raya yang spesial dengan kue kering yang spesial pula. Kemasan kue lebaran yang elegan dan indah lebih pantas disajikan kepada tamu. Anda juga bisa menggunakan kemasan berukuran kecil untuk menyiasati harga yang naik saat musim lebaran
  • Inovasi produk. Untuk hal ini, Anda dituntut menggunakan imajinasi untuk menciptakan kue yang tak hanya enak, tetapi juga unik dan belum banyak ada di pasaran. Hal ini dilakukan agar pembeli tidak bosan dengan kue kering yang melulu itu-itu saja. Dengan begitu, produk Anda akan langsung dilirik ketika dipromosikan.
  • Inovasi bahan. Untuk menghasilkan rasa yang berbeda, Anda harus berinovasi terhadap bahan yang digunakan untuk membuat kue ini. Bila biasanya kering menggunakan tepung terigu, maka Anda bisa berinovasi menggunakan tepung ganyong, tepung ubi, dan lainnya ketersediaan berbagai bahan makanan oleh alam Indonesia sangat mendukung dalam inovasi bahan ini. Kekayaan bahan makanan, seperti tempe, tahu, oncom, tofu, atau rosella juga bisa digunakan untuk membuat kue kering.
  • Melihat tren pasar. Kuekeringjuga mempunyai tren. Sehingga, untuk memaksimalkan bisnis ini pun harus melihat tren yang sedang marak. Masyarakat Indonesia dengan berbagai macam sukunya mempunyai kesukaan cita rasa sendiri-sendiri. Untuk itu, ada baiknya menyediakan kue kering dengan berbagai cita rasa.
  • Inovasi nama. Trik dagang menggunakan nama yang unik patut dicoba. Dengan nama unik dan mudah diingat, orang akanlangsung tertarik dengan sekali melihat. Produk yang dijual akan laku dipasaran atau tidak setiap usaha, harus memiliki tujuan agar bisnis tersebut maju dan berkembang. Untuk itu, berikut beberapa tips ampuh untuk memajukan bisnis kue kering yang Anda buka.

Adapun hal yang sangat penting untuk diperhatikan

  • Daur Hidup Produk Kuekering dan makanan sejenisnya memiliki tanggal kedaluwarsa. Untuk itu, Anda harus mengetahui batas kedaluwarsa makanan yang akan Anda buat. Sehingga, dalam memasarkannya, pencantuman tanggal kedaluwarsa dari produk yang Anda buat sangatlah penting
  • Jenis Produk Makanan yang Akan Dijual Untuk melihat jenis kue kering yang akan dijual, sebaiknya melihat langsung ke lapangan. Produk yang banyak laku itulah yang sebaiknya Anda produksi. Hal ini dapat memperkecil risiko tidak laku. Selain itu, untuk menentukan jenis kue yang akan dijual, Anda juga bisa berbicara langsung pada konsumen terkait kue yang mereka sukai. Memproduksi Kue Kering Khusus Menciptakan kue kering unik dan berbeda mampu mendatangkan omzet berlebih. Hal ini merupakan terobosan baru untuk memaksimalkan pendapatan Misalnya, Anda dapat membuat kue kering tanpa menggunakan telur, gula, dan kandungan gluten Kue tanpa bahan-bahan tersebut dapat dikonsumsi oleh orang yang diet dan penderita diabetes.
  • Penampilan Sebagian konsumen melihat bentuk dan kue kering suatu produk oleh sebab itu, kue kering Anda harus diperhatikan. Agar terhit menarik, Anda bisa memakai pewarna makanan alami agar lebih menarik, tetapi juga sehat.
  • Rasa Hal terpenting dalam bisnis makanan, termasuk kue kering ini ialah rasa. Rasa kue kering ya dijual juga harus nikmat. Utamakan cita rasanya Sebab, hal inilah yang paling menentukan hasil penjualan. Selain itu, untuk produk yang Anda jual jangan sampai terpaku pada produk yang itu-itu saja. Untuk itu, inovasi bahan seperti yang sudah dibahas bisa Anda praktikkan.

kue lebaran

Percaya Diri Kepercayaan diri dan Anda untuk menjualkue kerin juga berpengaruh terhadap penjualan. Sebab, hasil Anda akan lebih baik bila hal produksi Anda tersebut ada dalam diri Anda. Setidaknya, bagus yakin produk Anda jual memiliki kualitas dan yang layak dijual Lantaran ini merupakan bisnis makanan yang bisa busuk, Anda harus tahu tanggal kedaluwarsa produk anda. Hal ini penting agar produk Anda tetap sehat dan layak jual. Bila mengabaikannya, maka bukan tidak mungkin akan terjadi masalah pada kemudian hari. Selain itu, kepercayaan konsumen juga harus dijaga. Dengan mencantumkan tanggal kedaluwarsa, konsumen akan lebih mempercayai produk dan toko Anda. Dalam menjalankan bisnis, jujur dalam menjalankannya harus selalu tertanam di dalam hati. Terkadang, orang memangkas pengeluaran bahan baku dan lain-lainnya secara baik demi omzet besar. Hal tersebut dilakukan dengan memakai bahan berkualitas buruk atau menggunakan bahan pengawet agar masa kedaluwarsa lebih lama. Tentu saja, berbagai cara tersebut bisa merugikan konsumen. Silahkan baca juga tentang Tips Buka Usaha Angkringan Di Pasar Kuliner