Jenis Usaha Modal Kecil

Tips Cara Memulai Bisnis Cafe – Usaha Sederhana

By | 8 October 2012

Tips Cara Memulai Bisnis Cafe – Usaha SederhanaMau itu bisnis cafe sederhana, kopi coffee, unik, gaul, kecil, resto, tenda yang ada hotspot di indonesia, berikut tips dan cara memulai usaha ini. Di kota-kota besar banyak orang yang mendirikan cafe, dan tak hanya di kota besar saja di kota-kota kecil pun sekarang ini banyak ditemui banyak berdiri cafe. Terutama untuk tempat-tempat yang strategis, maka biasanya banyak bermunculan cafe-cafe. Fungsi setiap cafe juga punya keunggulan masing-masing, ada yang untuk baca buku, nonton film, komunitas motor, penggemar seni, mahasiswa, dan lain sebagainya.

Namun tak semua cafe yang berdiri ini berhasil sesuai dengan rencana awal. Perlu perhitungan dan perencaan matang untuk membangun usaha café ini. Salah satu hal yang bisa dikaukan oleh pengelola cafe adalah membentuk atau merangkul sebuah komunitas-komunitas tertentu. Entah apa itu komunitasnya dan dimana saja, namun komunitas merupakan bagian penting dari sebuah cafe. Hal ini dilakukan karena komunitas tertentu lebih memiliki banyak masa. Tanpa mereka, cafe bisa langsung bangkrut atau malahan tutup.

Tips Merangkul dan Mempertahankan Komunitas dalam berbisnis cafe

kita akan jelaskan beberapa cara bagaimana merangkul dan mempertahankan komunitas tersebut agar tetap meramaikan café yang kita kembangkan.
Cari dan temukan komunitas yang ada di daerah tau sekitaran cafe anda, yang belum disentuh oleh cafe lain. Komunitas yang dimaksud di sini bisa berupa komunitas besar maupun kecil dapat itu bisa kita lihat dari jumlah anggotanya, atau komunitas bisa berarti orang-orang yang menggemari sesuatu contohnya saja motor atau musik.

Jika sudah menemukan komunitas tersebut, segera untuk melakukan penelitian dan pendekatan untuk memperoleh informasi untuk menjadi bahan pertimbangan. Informasi yang harus kita dapat yaitu: Suasana seperti apa yang disukai oleh komunitas tersebut, apa hal yang disenangi, bagaimana prilaku mereka jika sedang berkumpul, kegiatan apa yang sering mereka lakukan, dll.

Informasi-informasi tersebut dapat berguna untuk anda dalam menentukan suasana cafe dan interiornya. Selain itu anda juga bisa melakukan promosi yang sesuai dengan keinginan komunitas tersebut. Buatlah kegiatan rutin yang sesuai dengan keinginan mereka, misalnya dilakukan seminggu sekali. Karena kegiatan ini berguna untuk mengajak mereka untuk berkumpul dan menikmati cafe anda.

Contoh beberapa komunitas yang bisa dirangkul yaitu: club penggemar motor (berbagai merek motor), club mobil, fotografi, sinematografi, kartunis, olah raga, seni, baca buku, pendidikan, berbagai aliran musik, penikmat kopi, dan masih banyak lagi.

Agar usaha cafe semakin berkembang

Cafe untuk kelas menengah ke bawah tidak begitu memperhatikan pelayanan dan kualitas produknya. Jika sudah punya keunggulan tertentu, anda bisa mengalihkan anggaran dana untuk melakukan strategi yang lain misalnya promosi.

Jika cafe yang sasarannya adalah kalangan menengah ke atas, anda harus benar-benar memperhatikan masalah: pelayanan, kebersihan, kualitas produk dan sistem manajemen yang tertata dengan baik. Untuk produk yang memiliki keunikan tersendiri, harus dapat dipertahankan keunikannya. Jangan sampai keunikan tersebut hilang karena itu dapat menjadi ciri khas café anda.

Jika cafe anda memiliki keunikan tersendiri dan belum ada competitor yang melakukan hal yang sama, maka anda harus melakukan branding atau penguatan merek atau differensiasi usaha kepada para konsumen. Sehingga image usaha anda akan tertanam sebagai The First atau yang pertama dalam usaha ini. Semoga Tips Cara Memulai Bisnis Cafe ini bisa membantu dalam membangun usaha.



Jenis Usaha Modal Kecil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *