Strategi Membuka Usaha Yang Sukses 2019

By | 30 October 2018

Strategi Membangun Bisnis

Banyak orang bertindak dan berani terjun dalam dunia bisnis, dan tak sedikit diantara mereka yang mampu menuai kesuksesan. Jika seseorang menginginkan sebuah kesuksesan dalam berbisnis, maka ia harus melakukan semua upaya terbaik untukperkembangan bisnisnya. Untuk membangun jalannya sebuah bisnis, ada beberapa strategi yang perlu diperhatikan. Strategi-strategi yang dimaksudkan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

Strategi Membangun Bisnis Online

strategi membangun bisnis 2019

  1. Mulai Dari Kesenangan
  2. Dalam hal bisnis, kemampuan adalah modal pertama. Untuk itu, carilah usaha yang memang dekat dengan kesenangan atau kemampuan pribadi. Seseorang bisa merenungkan, apa saja yang dikuasai dan mampu dikerjakan denganbaik. Kemampuan tersebut akan berkembang terus, dan pelaku pun semakin paham seluk beluk mengenai bisnis yang dijalankannya.

  3. Mempelajari Bidang Usaha
  4. Banyak orang nakal dalam dunia bisnis. Namun, jangan khawatir karena orang baik pun tidak sedikit jumlahnya. Hal yang perlu diperhatikan adalah mengenali siapa mereka. Oleh karena itu, sebelum melakukan sebuah usaha, perlu memahami karakteristik usahanya, agar tidak mejadi koraban orang lain yang memanfaatkan ketidaktahuan kita. Terkait dengan ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mempelajari bidang usaha, diantaranya adalah sebagai berikut :

    • Bagaimana proses produksinya? Carilah informasi sebanyak mungkin untuk mempertimbangkan efisiensi biayanya.
    • Siapa saja konsumennya? Carilah informasi mengenai segmentasi konsumen yang hendak dibidik. Selain itu, perlu juga mengetahui bagaimana cara menyampaikan informasi mengenai usaha tersebut kepada konsumen.
    • Seberapa besar peluangnya? Buatlah perhitungan yang detail mengenai peluang usaha tersebut. Dengan begitu, struktur permodalan, regulasi keuangan, dan omzet yang mungkin dicapai bisa dipertimbangkan secara cermat.

  5. Menyusun Rencana Usaha
  6. Dalam bisnis, sebuah perencanaan bisa meliputi berbagai hal, diantaranya yaitu: konsep secara detail, struktur permodalan, aspek-aspek teknis, dan manajemen pengelolaan usaha. Buatlah rencana tersebut dalam buku khusus. Susunlah langkah-langkah yang sistematis. Buatlah target yang realistis, jangan terlalu mudah dan jangan pula terlalu muluk. Perencanaan yang baik akan menjadi panduan untuk mengelola suatu usaha.

  7. Pandai Memilih Bisnis
  8. Pilihlah jenis bisnis yang tidak ada saingan. Seseorang yang memilih bisnis tanpa adanya saingan, maka seseorang tersebut tidak akan pernah kalah. Bagaimana bisa kalah jika tidak ada saingan. Perlu diketahui, bahwa masih banyak peluang bisnis yang tanpa saingan. Hal yang paling penting dalam memilih jenis bisnis adalah jeli menangkap peluang.

    Baca Juga : Buka Usaha Yang Tepat Bagi Pemula

  9. Tahu Cara Bertindak
  10. Keraguan atau kebingungan adalah salah satu penyebab utama kegagalan dalam bisnis. Intinya, selama seseorang tidak malah untuk bertindak, maka orang tersebut tidak akan pernah mengalami yang namanya sebuah kegagalan.

  11. Berani Memperbaiki Kesalahan
  12. Dalam sebuah bisnis, ada beberapa hal yang bisa dijadikan sebagai pegangan atau prinsip, diantaranya yaitu: jangan berhenti bertindak, penuh determinasi, menghasilkan, mencoba, dan selalu berusaha untuk memperbaiki sebuah kesalahan. Dengan bisa menjalankan prinsip tersebut, maka secara otomatis bisnis yang sedang dihalankan akan mengalami atau meraih sebuah keberhasilan.

  13. Pandai Mengelola Sumber Daya
  14. Gerakan semua sumber daya yang ada, arahkan semuanya ke tujuan bisnis yang sudah ditetapkan. Kuncinya adlaah menggali potensi semaksimal mungkin dari semua sumber daya yang dimiliki. Jika seseorang bisa menggali semua potensi yang ada di dalam bisnis maka bisnis yang dikelola orang tersebut akan berjalan dan berkembang terus hingga berada dipuncak kesuksesan.

  15. Mengukur Peluang
  16. Seseorang bisa mengukur peluang dari usaha baru yang akan dibuatnya. Semua usaha baru dimulai karena ada kebutuhan. Setelah dilakukan sebuah pengidentifikasian adanya kebutuhan, maka barulah ada pasar yang potensial.

  17. Uji Coba
  18. Sebagai seorang perbisnis, jika memungkinkan, lakukan uji coba terhadap produk yang akan dikembangkan. Uji coba ini berfungsi untuk mengetahui minat konsumen, hal-hal non-teknis yang kadang tidak terpikirkan, dan berbagai hal lain akan semakin menajamkan rencana usaha yang telah disusun. Uji coba juga bisa digunakan untuk mengumpulkan kritik dan saran, mengetahui kekurangan dari produk utnuk diperbaiki, serta mengetahui kelebihannya untuk bisa dipertahankan.

  19. Ciptakan Keunikan
  20. Citra yang baik akan berpengaruh terhadap respon dari konsumen. Namun, seringkali citra baik suatu produk, baru didapatkan setelah melalui proses bertahun-tahun. Oleh karena itu, diawal usaha, setiap produk harus mampu mencuri perhatian konsumen. Seorang pebisnis harus mampu menciptakan keunikan untuk mencuri perhatian. Namun, keunikan itu tetap haru bercitra positif. Keunikan tersebut bisa diaplikasikan dalan berntuk merek, cara pengemasan, cara penyajian, servis purna layanan, dan lain sebagainya.

  21. Jangan Menunda
  22. Bangkitlah dari kemalasan. Memutuskan ranai penundaan adalah langkah yang harus dilahkukan untuk meraih kesuksesan. Namun, bukan berarti bertindak dengan buru-buru. Semua harus dilakukan dengan cermat, dimulai pada saat yang tepat, direncanakan dengan baik dan maksimal.

  23. Siap Berkompetisi
  24. Kompetisi adalah sesuatu yang harus dihadapi dalam proses membangun usaha. Coba mulai dari rancangan produk yang mampu bersaing dipasar, mental enterpreneur yang kuat dan tahan banting, serta kemamppuan memperbaharui ide baru yang lebih baik. Jika memungkinkan, ubahlah lawan jadi kawan. Ubahlah pesaing menjadi mitra, minimal bangunlah iklim persaingan yang sehat.

  25. Bersaing Dalam Kualitas
  26. Banyak usaha gulung tikar kareng menyikapi persaingan dengan cara menurunkan harga. Dalam dunia bisnis, jangan mudah terprovokasi dengna iklim tersebut. Bersainglah dengan meningkatkan kualitas, bukan menurunkan harga. Memang, pada akhirnya, harga memiliki pengaruh sangat kkuat dalam persaingan, itu tidak tepat. Kualitas yang buruk membuat konsumen menjauh. Sementara kualitas yang baik, membuat konsumen ikhlas meski harganya sedikit mahal.

  27. Jadikan Konsumen Sebagai Mitra
  28. Dalam dunia bisnis, dikenal dengan istilah “pembeli adalah raja”, sehingga pembeli harus dilayani dengan sebaik mungkin. Dan akan lebih baik lagi jika seorang pembeli atau konsumen dijadikan sebagai mitra. Bahkan, konsultan. Jangan segan-segan meminta pendapat mereka mengenai produk. Selain mendapatkan masukan berharga, cara semacam ini berfungsi membangun keterikatan, Mereka akan merasa memiliki produk tersebut.

  29. Promosi Dengan Baik
  30. Promosi yang dikemas secara baik akan menaikkan citra produk. Dan promosi yang baik adalah tepat sasaran. Jangan sampai promosi justru membuat konsumen terganggu. Promosi dapat dilakuka dengan membuat pamflet kecil, lalu disebarkan ke masyarakat, kartu nama yang diberi tambahan informasi mengenai produk, serta keikutsertaan dalam event yang melibatkan massa sesuai pangsa pasar yang akan dibidik. Sesuaikan bahasa, desain, dan cara penyampaiannya dengan target tersebut.

    Strategi Membangun Bisnis Mandiri

  31. Internet Marketing
  32. Usaha Internet Marketing saat ini telah menjadi bagian kehidupan dari sebagian besar masyarakat Indonesia. Seseorang bisa memasarkan produknya melalui internet dengan membuat blog,web, dan banner iklan. Keikutsertaan dalam jejaring sosial juga sangat membantu penyebaran informasi. Bahkan, citra suatu produk dibangun dengan cara tersebut. Jadi, kesertaan didalam jejaring internet marketing dan bisnis online adalah sebuah terobosan dalam dunia bisnis.