Strategi dan Cara Memulai Bisnis Coklat Agar Cepat Balik Modal

By | 10 December 2012

Bisnis CoklatMendengar kata coklat, yang terlintas di pikiran kita sudah pasti “warna cokelat, rasa manis dan anak-anak” image coklat seolah tak terpisahkan dari anak-anak. Tapi cokelat merupakan makanan yang biasa dimakan oleh semua kalangan baik anak-anak maupun dewasa. Melihat pasarnya yang begitu luas maka tak ada salahnya jika anda melirik dan mempelajarai bisnis yang juga menjanjikan ditahun ini.

Tips dan Cara Bagaimana Memulai Bisnis Coklat

Untuk menjalankan bisnis coklat ini, ada hal-hal yang harus dipersiapkan. Yang pertama yaitu keterampilan berkomunikasi sangat dianjurkan untuk bisa menawarkan produk ke supermarket maupun minimarket. Suplai harus ke semua cabang dan harus rutin menawarkan ke setiap toko. Meski begitu, penjualan bisa dilakukan dengan sistem konsinyasi atau beli putus.

Kemudian yang kedua, perlu melakukan variasi dengan menghadirkan berbagai bentuk macam harus dihadirkan. Semakin lucu bentuk atau kemasannya pasti akan semakin menarik pelanggan untuk membeli, terutama untuk anak-anak.

Selain dari inspirasi dari sang pembuat cokelat, tempat melakukan produksi dapat dimulai di dapur sendiri. Meski demikian, sebaiknya dapur ditata sedemikian rupa untuk memudahkan proses produksi coklat. Selain itu, juga jangan lupa mempersiapkan kulkas serta lemari atau etalase untuk menjajakan cokelat yang siap dijual.

Dalam memulai bisnis cokelat ini, tidak butuh dana yang terlalu besar. Biaya tersebut salah satunya dipakai untuk membeli bahan baku cokelat. Jeli dan teliti dalam mencari bahan baku berkualitas dengan harga murah juga perlu untuk menekan biaya produksi yang akhirnya berimbas pada harga jual yang kompetitif di pasaran.

Namun, dalam berbisnis tak berarti semua akan berjalan lancar meski Anda telah menyiapkan segala sesuatunya dengan baik. Dengan terjun langsung ke dunia bisnis, maka seseorang telah siap menghadapi tantangan. Diantaranya, dari pemasaran. Jika promosi yang disebarkan kurang luas maka akan menghambat kesuksesan pemasaran.

Jangan lupakan juga, banyaknya pesaing yang bermain dalam bisnis ini. Setelah itu yang juga perlu diperhatikan adalah tempat penyimpanan stok cokelat yang belum dipasarkan. Jika salah menyimpan, cokelat akan meleleh dan rusak. Pastinya kita tidak menginginkan hal tersebut.

Strategi yang tepau untuk Berbisnis Coklat Agar Cepat Balik Modal

Sukses dalam merencanakan strategi adalah setengah dari sukses hasil. Sukses memilih dan menjalankan strategi bisnis merupakan setengah perjalanan menuju sukses bisnis. Oleh karena itu, perlu perencanaan yang matang dalam bisnis cokelat ini.

  1. Pelajari serba-serbi cokelat, jenis, dan sifat cokelat, teknik tempreing, pembuatn cokelat praline, baik dari teknis tempering sampai ke pembuatan ganahche, praline, dan karamel untuk filling cokelat.
  2. Lalu yang kedua adalah mempelajari trik mencetak cokelat agar hasilnya bagus dan siap untuk dikonsumsi.
  3. Pilih bahan baku cokelat yang akan digunakan. Pilihlah cokelat yang berkualitas agar rasa dan hasilnya lebih memuaskan.
  4. Perhatikan juga kemasan. Walau sepele, kemasan cokelat ternyata sangat penting, maka buatlah kemasan yang menarik dan seuunik mungkin.