Peluang Bisnis yang Menjanjikan dari Usaha Toko Cat

By | 4 February 2013

Meraih Laba dari Bisnis yang Menjanjikan Toko Khusus Cat

Bisnis yang MenjanjikanWarna-warni dunia tercipta dari produk yang satu ini. Membuka usaha toko khusus cat yang lengkap memang belum menjamur pada saat ini. Tapi, beberapa pelaku mengaku bisa mendapat banyak keuntungan dari usaha ini. Melalui strategi jemput bola, investasi kita yang besar bisa kembali paling tidak dalam lima tahun. Ini termasuk bisnis menjanjikan, yang masih sedikit pemainnya. Dan bisa dijadikan masukkan untuk kita yang sedang mencari ide peluang usaha di tahun ini ini.

Rumah tampil dan terlihat indah adalah idaman tiap orang. Selain desain rumah, faktor yang tidak kalah penting dalam mempercantik rumah yaitu mengenai pilihan cat. Maka, para produsen cat menggunakan strategi hasil cat yang terang atau tidak gampang luntur, awet, dan tahan segala cuaca untuk menunjukkan kualitas cat produksinya.

Walaupun cat bukan bagian terpenting dalam sebuah bangunan, kebutuhan cat juga tak bisa diabaikan. Selain dibutuhkan pada waktu membangun rumah, orang membutuhkan cat juga saat merenovasi dan melakukan pengecatan ulang rumah. Lantaran jumlah rumah / properti yang perlu dicat lumayan banyak, bisnis penjualan cat memang menggiurkan. Tak hanya dijual di toko bangunan dan supermarket bangunan, akhir-akhir ini kian marak berdiri toko yang khusus menjual cat.

Jumlah toko spesialis cat memang sangat sedikit dibanding toko bangunan. Tapi, justru di sinilah peluang bisnis ini begitu menjanjikan. “Kalau khusus menjual cat, pembeli akan dihadapkan pada banyak pilihan, jadi mereka lebih puas berbelanja,” kata Suryadi, Staf Pemasaran Toko Cat.

Karena hal tersebutlah yang membuat Rudy Setyawan, sang pemilik Toko Kalbar, toko khusus menjual cat di Batam, mencoba membuka minimarket khusus cat. Meskipun ia sudah memiliki toko bangunan yang juga menjual cat. “Semula, tempat itu adalah gudang. Tapi, saya pikir kenapa tak disulap jadi toko kusus cat saja. Ternyata, langkah ini memudahkan pembeli kami,” ujar Rudy yang baru setahun membuka toko khusus cat ini.

Pemilik toko cat Warna Abadi di Yogyakarta, Wibowo Jodhisno, mengatakan bahwa prospek toko khusus cat masih sangat potensial. Buktinya adalah, mulai tahun lalu, dia gencar mencari investor untuk membuka toko khusus cat. “Selama 20 tahun menjalankan usaha ini, kami baru fokus di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Tahun ini, kami akan cari mitra yang ingin membuka di Jakarta,” tuturnya.

Pada Saat ini, Warna Abadi sudah punya 26 toko, 14 toko di Yogyakarta, 10 toko di Solo, dan dua toko di Jakarta. Wibowo mengatakan bahwa dua toko di Jakarta adalah hasil kerja samanya dengan investor. Kebutuhan akan cat tak pernah surut, banyaknya bangunan baik rumah maupun bangunan jenis lain sudah pasti akan butuh cat sebagai pelengkap sebuah bangunan.