Peluang Budidaya Semut Kroto/Rangrang – Bisnis Sampingan

By | 28 July 2012

Peluang Budidaya Semut Kroto/Rangrang - Bisnis SampinganRata-rata pencinta burung berkicau mengenal binatang kecil bernama Semut Rangrang. Sebenarnya banyak namanya mulai dari semut rangrang, semut merah, kranggan, semut kroto dan lainnya. Dan keistimewaan semut ini adalah menghasilkan kroto. Kroto adalah telur yang dihasilkan oleh semut rangrang. Kroto merupakan salah satu sumber protein hewani terbaik dan bagus untuk pakan burung terutama burung berkicau. Dengan semakin banyaknya pencinta burung ocean maka semakin besar pula pemintaan produk yang satu ini.

Pasti banyak yang sudah tahu, jika alam tidak setiap saat menyediakan kroto apalagi saat musim penghujan. Hal tersebut yang membuat peluang usaha budidaya ini semakin menggiurkan. Kroto dari semut rangrang merupakan sumber penghasilan baru dan dianggap sebagai salah satu cara bagi masyarakat untuk memperoleh penghasilan tambahan. Sebuah penghasilan yang bisa diperoleh secara cuma-cuma dan tanpa mengganggu waktu dan kegiatan mereka dan bisa dikategorikan dalam bisnis sampingan.

Habitat yang cocok untuk membudidayakan semut ini adalah daerah perkebunan. Semut-semut ini bisa menyerbu hampir semua jenis pohon, tetapi lebih menyukai pohon buah-buahan dan mempunyai ukuran daun yang agak lebar seperti nangka, mahoni atau mangga.

Untuk pemasarannya, cukup datang ke kios penjual pakan burung. Karena sampai saat ini jumlah permintaan produk yang satu ini masih tinggi dan keberadaannya belum bisa digantikan oleh produk lain. Di samping itu juga para konsumen produk ini tergolong kelas menengah ke atas sehingga keberadaannya akan diburu berapapun harga yang di tawarkan.