Peluang Bisnis Online 2014 Modal Kecil Ibu Rumah Tangga

By | 28 June 2013

Seperti Apa Peluang Usaha Online Modal Kecil ditahun 2014 ini

Peluang Bisnis Online 2014 Modal Kecil Ibu Rumah Tangga Usaha TerbaruPakar Usaha Kecil Menengah Iim Rusyamsi, S.T, mennjawab pertanyaan dari ibu Zeni Kusuma dari Bandung. Berikut pertanyaannya

Saya ibu rumah tangga, mau mulai usaha kecil-kecilan dari rumah sambil mengurus rumah. Namun inginnya bisnisnya online karena memang modal saya sangat masih sedikit. Bisnis apa yang bisa saya mulai dari rumah dengan online?

Berikut Jawaban Iim Rusyamsi

Benar jika untuk usaha yang baru dan dengan modal yang tidak terlalu banyak, adalah menggunakan jalur online sehingga bisa menjangkau lebih luas pasarnya. Pilihan usaha untuk di-online-kan tentu banyak sekali. Banyak kisah sukses mereka yang sudah menjalani usaha dengan online. Lakukan riset di Internet bagaimana mereka yang sudah sukses tersebut menjalankan usaha onlinenya.

Inilah beberapa tips dari Iim Rusyamsi, jika Anda ingin menetapkan usaha yang akan dijalani secara online dan dari rumah ditahun 2014 antara lain

a. Pilihlah barang atau jasa yang memiliki permintaan yang tinggi. Pilih barang atau jasa yang mempunyai permintaan/demand yang tinggi dari calon pembeli. Kita melihat beberapa peluang yang daya beli dan kebutuhan masyarakat meningkat maka tidak ada salahnya kita pasarkan suatu produk untuk dijual melalui online.

b. Disarankan memilih barang yang tidak ada inventory. Contohnya, ada suatu toko online dengan brand ternama tetapi pada saat pembeli ingin memilih suatu produk di toko offline-nya langsung, toko online tersebut tidak mempunyai stock/inventory, toko hanya mengambil pada supplier pada saat sudah ada transaksi. Karena yang ditawarkan hanya pelayanan dan jasa saja. Sebagai pemula, ini salah satu cara yang aman untuk menjajaki seberapa besar suatu pasar pada nilai suatu barang.

c. Dibutuhkan juga oleh negara lain. Ada baiknya jika memilih suatu produk yang akan dipasarkan, tidak hanya pada titik penjualan secara lokal saja tetapi sektor pasar luar negeri juga membutuhkan. Minimal untuk negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, Thailand dan lainnya yang masih serumpun. Cari produk yang juga bisa digunakan atau diminati negara-negara tersebut juga.

d. Margin yang didapat tinggi. Apabila kita bisa menjual kepercayaan pada pelanggan, melayani sepenuh hati, jujur dan dapat mendefinisikan produk yang akan dijual maka pembeli akan kembali pada kita. Pelanggan akan royal dan tidak akan mempermasalahkan suatu harga apabila anda bisa menjamin apa yang menjadi kepuasan pelanggan itu sendiri. Kepuasan mereka akan membuat mereka bertransaksi lagi dan tidak begitu mempermasalahkan harga.

e. Mulai dari modal seminim mungkin. Dengan sistem penjualan online, maka pengeluaran seperti biaya tempat, pegawai, listrik, dll tidak akan membuat Anda pusing karena hanya memerlukan modal yang sedikit saja. Mulailah dari yang kecil untuk menciptakan produk yang unik sehingga bisa menghasilkan pemasukan yang besar.

Semoga bermanfaat dan selamat memulai usaha dari rumah ditahun 2014 ini dengan online di internet.