Peluang Usaha 2014 – Coba Bisnis Makanan Siomay Bandung

By | 30 December 2012

Meramu Siomay Bandung Menjadi Peluang Usaha Makanan 2014 yang Menguntungkan

Peluang Usaha 2014Mungkin enak saja, tidak cukup dalam memulai usaha makanan ditahun 2014. Kreativitas merupakan kunci dalam mengelola dan mengembangkan sebuah usaha. Selain itu kreatifitas juga menjadi ujung tombak dalam menghadapi persaingan. Itulah usaha yang dilakoni Akhlis Mukhidin 31th saat mengawali bisnis Siomay Asli Bandung.

Produk makanan khas Priangan ini Ia sajikan dalam bentuk yang lebih menarik. Dengan modal yang ia pinjam dari pamannya sebesar Rp2juta, ia membangun keberanian lagi untuk memulai usahanya. Ia membuka usaha warung siomay bertempat di garasi kecil ukuran 3 x 5 meter, sambil menyelesaikan kuliahnya di Jurusan Musik, Institut Seni Indonesia (ISI), Yogyakarta.

Selang waktu 2 tahun usahanya berjalan, usaha ini mengalami kembang kempis. Tapi berkat kreatifitasnyalah yang membuat usahanya untuk terus hidup. Dia ciptakan brand baru dengan nama Siomay Bandung Asli Kang Otong.

Tak hanya menciptakan brand baru, Akhlis juga mengubah warungnya menjadi lebih rapi, menjadi lebih modern dan higienis. Pilihan menu baru juga ia ciptakan, contohnya dengan menyediakan menu Siomay Ikan Tuna, Siomay Ikan Hiu, Siomay Ikan Cucut, Siomay Udang, dan masih banyak lagi. Siomay yang paling banyak ia jual adalah Siomay Ikan Tenggiri.

Peluang usaha yang awalnya kembang kempis ini pun secara cepat memperoleh perhatian dari pelanggan dan para penikmat siomay. Tak hanya itu ia juga mengembangkan outlet-outlet cabang.

Siomay Asli Bandung ini sudah mewarnai seluruh pelosok nusantara. Dua tahun kemudian, sejak Januari tahun 2008 pria asal Cirebon ini mampu membuka outlet Siomay Asli Bandung yang lebih besar, berada di Jl Raya Candi Gebang No.215, Karang Asem, Condong Catur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Akhlis tidak hanya sekedar berjualan siomay saja, tapi ia juga mengembangkan bisnisnya ini dengan model business opportunity.

Perubahan besar ini bermula saat dirinya mendapat kesempatan mengikuti pelatihan waralaba di Dinas Perindagkop Yogyakarta, sehingga mimpinya bisa terwujud dan pengetahuan juga semangatnya semakin memantapkan dalam mengembangkan usaha itu.

“Kreativitas saya terus dipacu,tak hanya sebatas tempat usaha yang dikembangkan tapi juga menyangkut sajian,” tuturnya.

Untuk dapat eksis dalam berbisnis, termasuk bisnis siomay yang ia geluti, Akhlis memang diharuskan kreatif untuk bias sukses seperti sekarang ini. Kreatifitas yang ia ciptakan mengacu pada 3 hal. Pertama adalah produk, jika siomay pada umumnya terbuat dari ikan tenggiri, ia justru membuat dari bermacam-macam ikan, mulai dari Siomay Ikan Hiu, Cucut, Cumi, dan masih banyak lagi.

Yang kedua, jika biasanya siomay disajikan di piring / mangkok, ia kini menyajikannya panas-panas di Hotplate. Penyajian yang panas dan berada di Hotplate, Siomay ini terasa berbeda, dan kelasnya pun berbeda dari makanan lain. Saat menyantapnya, terdapat sensasi tersendiri bagi penikmatnya. Selain itu Siomay Bandung Asli tersebut tidak mengandung penyedap rasa buatan, sehingga sangat alami dan aman bagi para penikmatnya.

Tertarik menjalani peluang usaha di tahun 2014 seperti Akhlis? Silahkan di modifikasi dan diterapkan.