Peluang Usaha Kain Lukis Solo dilirik Singapura

By | 8 August 2012

Peluang Usaha Kain Lukis Solo dilirik Singapura - Bisnis Rumahan Modal KecilPengusaha bernama Yani Mardiyanto, sekarang sudah memperlebar sayapnya dengan membuka bisnis kain lukis. Dengan produk yang dibanderol 200ribu perpotong ini, Yani ternyata tidak hanya mampu menaklukkan pasar domestik, melainkan juga telah merambah pasar Singapura. Usaha kain lukis ini, ia kerjakan bersama empat orang pelukis lainnya.

Ide membuat kain lukis berawal dari kesuksesan peluang usaha jilbab lukis yang sudah dikerjakan sejak tahun lalu. Yani berpikir untuk mengembangkan usaha ke produk fashion lain, berupa kain. Akhirnya dengan mencoba-coba, dia menemukan jenis kain yang cocok dikenakan di badan sekaligus cocok dilukis. Dia kemudian mulai memproduksi kain jenis sifon lukis.

Saat ini, Yani mampu memproduksi 300 potong kain dengan ukuran lebar 110 cm dan panjang 1,75-3 cm per menggunya. Bahan kain pun berkembang tidak hanya sifon, melainkan bahan lain yang cocok. Pengerjaan kain lukis, membutuhkan keahlian khusus. Hanya pelukis terlatih yang bisa mengerjakan produksi kain tersebut. Dikarenakan lukisan pada kain dibuat cukup besar.

Pusat lukisan biasanya berupa bunga dengan ukuran paling besar. Selanjutnya pelukis harus membuat kreasi lukisan memanjang searah dengan pusat bunga. Kombinasi warna lukisan bukan sembarangan, tapi harus mengikuti warna dasar kain. Besar dan panjang lukisan menyesuaikan busana apa yang hendak dibuat. Kain lukis bisa dijadikan busana wanita dengan model apapun. Bisa jadi kebaya, abaya, model kaftan, atau gamis, sesuai keinginan. Semua model mengikuti bentuk lukisan.