Pameran Bisnis UKM yang Menjanjikan di Bandung Indonesia

By | 23 July 2012

Pameran Usaha Kecil Menengah yang Menjanjikan di Gelar di Bandung

Pameran Peluang Bisnis UKM Usaha Kecil Menengah yang Menjanjikan di Bandung IndonesiaPemerintah Jawa Barat lagi lagi mengadakan Cooperative Fair kesembilan di Bandung. Jumlah perserta pameran bisnis ukm yang menjanjikan ini mencapai 978. Sekretaris Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Jawa Barat bernama Setiabudi mengaku ajang ini memamerkan produk makanan yang sudah mempunyai sertifikat halal yang dikeluarkan oleh Lembaga POM MUI. Cooperative Fair mengikutkan 728 peserta berasal dari perwakilan 18 provinsi, asosiasi, serta institusi terkait seperti perbankan.

Sekretaris Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Agus Muharam juga memberi masukkan agar lembaga koperasi bisa meningkatkan daya saing serta agar program koperasi lebih berkualitas. Caranya dengan melakukan revitalisasi koperasi. Salah satu upaya revitalisasi itu, pemerintah sedang merampungkan Rancangan Undang-Undang Koperasi yang dijadwalkan selesai tahun ini. Salah satu perubahannya, tentang pemberdayaan koperasi agar lebih berkualitas.

Salah satu cara revitaliasi yang bisa dilakukan anggota koperasi adalah dengan aktif bertransaksi dengan koperasinya. Tanpa transaksi koperasi lemah secara ekonomi. Oleh karena itu keterkaitan usaha anggota dengan koperasi sangat penting. Salah satu target yang dipatok kementeriannya adalah menghilangkan praktek tengkulak berkedok koperasi simpan pinjam. Caranya dengan mengharuskan koperasi simpan pinjam di masa depan, harus melayani kebutuhan anggota.