Jenis Usaha Modal Kecil

Yuk Membuka Usaha Sendiri

By | 12 June 2013

Yuk Membuka Bisnis Sendiri

Membuka Peluang Bisnis Usaha SendiriMungkin Kita masih punya banyak waktu nggagur di luar pekerjaan utama atau mungkin Kita tidak puas dengan penghasilan yang Kita dapatkan selama ini. Jika mulai berpikir membuka usaha sendiri itu adalah hal yang wajar. Banyak yang menyebut bisnis itu sebagai usaha sampingan. Nah, berikut ini beberapa hal yang perlu perhatikan kalau ingin membuka usaha sendiri

  • Bidang Usaha. Sedikit contoh seperti bidang usaha yang jarang atau bahkan belum ada. Misalnya Aqua. Ketika pertama kali diperkenalkan, banyak orang ragu apakah Aqua bisa berhasil di pasaran, padahal belum pernah sebelumnya ada pengusaha yang menjual air minum dalam botol.  Nyatanya Aqua sukses besar.
  • Lokasi. Dalam beberapa jenis bidang usaha, lokasi memegang peranan yang cukup penting. Kita sendirilah yang harus menentukan lokasi mana yang tepat dalam usaha Kita.
  • Pelanggan.  Kita sudah harus tahu terlebih dahulu tentang bagaimana cara Kita dalam mendapatkan pembeli atau klien. Bila tak ada pembeli, tidak akan ada penjualan. Bila tak ada penjualan, maka usaha Kita tidak cukup berhasil. Sederhana sekali. Untuk promosinya bisa dilakukan dengan cara memasang iklan kecil di koran. Atau memasang iklan Kita di internet. Internet terbukti merupakan media yang ampuh dalam menjaring pembeli, walaupun mungkin tidak semuanya.
  • Tenaga Kerja. Ada bagusnya bila Kita juga mempekerjakan anggota keluarga Kita. Maka secara tidak langsung anggota keluarga juga akan mempunyai rasa ikut memiliki dalam usaha tersebut. Dengan adanya rasa memiliki dari para anggota keluarga, maka dukungan yang diberikan kepada Kita untuk menjalankan usaha tersebut bisa makin besar.
  • Perencanaan Keuangan. Buatlah perkiraan arus kas selama 12 bulan ke depan. Perkiraan arus kas adalah perhitungan yang menggambarkan berapa perkiraan arus keluar masuk uang tunai dalam usaha Kita. Sama seperti modal, maka alangkah baiknya kalau Kita memiliki perkiraan arus kas selama 12 bulan ke depan. Dengan demikian, dalam setahun ke depan, usaha ini diharapkan tidak akan bangkrut hanya gara-gara kehabisan uang tunai.


Jenis Usaha Modal Kecil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *