Investasi Modal Kecil Budidaya Tanaman Karet Unggul

By | 25 July 2012

Peluang Investasi Menjanjikan di Tahun 2012 Menanam Pohon Karet

Warga Desa Panggung dan Inan Kecamatan Paringin Selatan, Kabupaten Balangan Provinsi Kalimantan Selatan semakin serius menekuni usaha budi daya perkebunan karet dan menyulap wilayah padang alang-alang, semak belukar, gunung gundul menjadi sebuah pemandangan hijau pohon karet.
kajian pasar dan peluang investasi Potensi kebun pohon tanaman karet unggul
Didukung juga dengan teknologi budidaya tanaman karet dari varietas kampung ke karet varietas unggul, membuat warga setempat main senang menggeluti usaha yang hanya memerlukan investasi modal kecil dan tidak memeras otak tersebut. Saat nilai rupiah anjlok ke tingkat paling rendah terhadap nilai Dolar AS, harga karet justru melambung melebihi harga komoditi-komoditi lain, sebab karet adalah komoditi ekspor yang harga jualnya dihitung dengan nilai mata uang Dolar AS.

Contohnya saat transisi pemerintahan orde baru ke reformasi, dimana nilai rupiah anjlok warga setempat malah menikmati membaiknya harga karet. Dari hal itu, banyak warga hampir seluruh kawasan Kabupaten Balangan dan warga kabupaten lain di Kalimantan Selatan berlomba berkebun karet.

Di tahun 2012 ini lahan-lahan yang tadinya dianggap marginal, seperti rawa, lereng gunung, dan lahan kering pun semuanya diperebutkan untuk perluasan tanaman yang memproduksi bahan baku ban kendaraan bermotor tersebut. Satu hektare kebun karet dengan jumlah 350 pohon sekarang sudah senilai Rp100.000.000, bahkan bisa lebih. Untuk menjadikan sebuah kebun dari persiapan lahan pembibitan hingga pohon bisa dipanen hanya membutuhkan waktu 4 tahun. Dan sekarang makin banyak investor dari kota yang ingin berinvestasi ke kebun karet.