Contoh Peluang Usaha di Rumah dan Tips Memulainya

By | 21 March 2013

Contoh Peluang Bisnis di Rumah dan Cara Memulainya

Peluang usaha di rumahLingkungan masyarakat Indonesia pada umumnya adalah pemukiman yang padat penduduk dimana kondisi yang ada adalah, perkampungan di tengah kota, desa dengan penduduk yang padat, atau bisa dikatakan kebanyakan masyarakat kita adalah saling hidup perdampingan dan saling membutuhkan antara satu dengan yang lain, baik di kota maupun di desa. Melihat kondisi tersebut, terdapat satu point menarik yaitu adanya peluang usaha di rumah.

Meskipun di rumah kita tetap bisa menjalankan usaha maupun bisnis kecil-kecilan. Banyak pilihan usaha yang bisa kita jalankan dari rumah. Contoh peluang usaha di rumah anatara lain; entah itu toko kelontong, agen air mineral isi ulang, agen elpigi dsb. Pada kenyataannya mencari pekerjaan memang agak sulit didapat, karena persaingan dan tuntutan tingkat pendidikan yang tinggi di dunia kerja. Memulai berbisnis adalah solusi cerdas untuk tetap mempunyai penghasilan.

Mencoba peluang usaha di rumah merupakan sebuah langkah nyata untuk menjalankan bisnis sendiri. Ada berbagai macam bisnis sederhana yang bisa kita lakukan di rumah, seperti bisnis kuliner, garmen maupun fashion. Dengan adanya keterampilan yang sederhana hingga mengelola sumber daya manusia lepas bisa menjadi dasar untuk memulai bisnis makanan kecil ataupun pakaian. Bagi kaum wanita yang mempunyai keterampilan memasak, maka memulai bisnis makanan bisa menjadi awal memulai bisnis atau usaha di rumah.

Dalam memperhitungkan modal, kita bisa merinci terlebih dahulu mengenai bahan yang yang dibutuhkan, peralatan, pengemasan, ketahanan dalam kemasan, persaingan hingga strategi efektif dalam pemasaran yang akan kita pilih. Dalam perhitungan modal untuk mulai membeli bahan, berproduksi serta mengemas merupakan bagian hal yang terpenting sebelum memutuskan untuk memulai sebuah usaha, namun ada bagian yang tidak kalah penting sesudahnya yaitu memasarkan produk yang kita miliki.

Sudah banyak orang yang berhasil memasarkan produk makanannya sendiri tanpa harus memiliki outlet penjualan. Strategi sederhana untuk memasarkan produk tanpa memiliki outlet adalah dengan menitipkan hasil produksi ke outlet-outlet baik toko-toko Mupun warung-warung yang telah ada perjanjian konsinyasi (titip jual) dimana pembayaran dilakukan setelah barang laku atau habis. Ada satu faktor yang terpenting dalam menjalankan strategi konsinyasinya yakni soal kecermatan memilih outlet yang akan diajak bekerja sama, keberanian menawarkan produk dan mengelola jaringan pemasaran.

Karena faktor tersebut adalah pondasi penting yang harus kita miliki dalam menjalankan sebuah usaha, agar peluang keberhasilan semakin dekat dengan kita. Peluang usaha di rumah sebenarnya banyak sekali contohnya, tak hanya seperti contoh di atas saja. lihatlah peluang bisnis di sekitar kita yang bisa dilakukan di rumah! Banyak sekali bukan? Kita pun bisa tengok kanan kiri kita, betapa banyak orang-orang yang kreatif memiliki usaha di rumah. Sedikit tulisan ini semoga bisa menginspirasi kita semua.



-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *