Contoh Bisnis Online Gratis Tanpa Modal

By | 10 March 2013

Dapat Uang Dari Blog, Contoh Bisnis Online Gratis Tanpa Modal

Bisnis Online Gratis Tanpa ModalMembuat blog kemudian mengembangkannya menjadi blog komersil yang menghasilkan uang, memang bukan sesuatu hal yang baru lagi di dunia maya. Meskipun dengan blog gratisan atau dikategorikan Bisnis Online Gratis Tanpa Modal, kita pun bisa memperoleh penghasilan yang lumayan. Namun ada beberapa hal penting sebelum kita memulainya, diantaranya

Bukan alternatif cepat kaya

Mungkin kita sering melihat iklan yang mengklaim bahwa “menjadi kaya dalam waktu singkat melalui internet”. Iklan yang demikian mungkin benar. Namun yang pasti, itu tak berlaku untuk blog. Blog bukanlah cara cepat untuk menjadi kaya. Blog bukan metode menjadi kaya sekalipun kita sedang tidur. Di dunia, banyak blogger yang telah menjadi jutawan. Banyak blogger yang setiap bulannya mendapatkan puluhan bahkan ratusan juta rupiah.

Namun jelas mereka tidak mendapatkan itu dalam semalam. Juga tidak dalam setahun. Untuk menjadi kaya lewat blog, untuk mendapatkan uang dari blog, ada kata kunci yang mungkin tidak terlalu disukai, yakni kerja keras. Hanya dengan bekerja keras kita bisa mendapatkan uang. Selain itu kita juga harus sabar. Membangun blog yang berkualitas itu tidak mudah dan butuh waktu. Bukan hanya 1 bulan atau 2 bulan namun bertahun-tahun. Ibarat Atletik, mendapatkan uang dari blog bukan ‘lari 100 meter’ tetapi ‘lari marathon’. Tentu kita sudah dapat membayangkannya bukan.

Perlakukan sebagai bisnis

Bila memang serius ingin mendapatkan uang dari blog, kita harus memperlakukannya sebagai bisnis. Jadi kita harus serius, dan juga fokus. Membuat Bisnis online gratis tanpa modal seperti ini yang diperuntukkan sebagai sumber uang sama seperti kita membuka usaha di dunia nyata, misalkan mendirikan rumah makan/warnet. Tidak mungkin kita membuka sebuah rumah makan namun kita hanya mendatangi rumah makan itu sekali dalam seminggu, atau satu dua jam setiap hari.

Pada langkah awal, tentunya harus mencurahkan waktu di rumah makan tersebut. Menata perabot, meramu masakan, menyambut serta menerima keluhan pelanggan, dsb. Hal serupa juga berlaku di blog. Jika ingin mendapatkan uang dari blog, kita harus serius. Harus juga dipikirkan konten apa yang menarik, membuat jadwal, mencari gambar atau ilustrasi, mengunjungi sesama blog, menjawab komentar atau pertanyaan pengunjung dan lain sebagainya.

Untuk tahap awal ini, jika masih tahap coba-coba dan ingin belajar, kita tentu tak perlu mencurahkan segenap waktu untuk mengurus blog. Blog bisa ditengok dua-tiga jam sehari. Namun jika ingin serius, kita harus mencurahkan waktu yang lebih banyak untuk blog. Banyak blogger profesional yang akhirnya melepaskan pekerjaan rutin kemudian mencurahkan waktu untuk mengelola blog.

Ada hal lain yang tak kalah penting dalam sebuah blog, yakni kontain. Kontain atau tulisan yang asli bukan copy paste punya nilai lebih di mata para pengunjung. Banyak blogger yang terburu-buru ingin mendapatkan banyak uang, lantas memenuhi blognya dengan banyak iklan, bahkan ada banyak blog yang hampir separo halamannya berisi iklan, namun apakah pengunjung mau disuruh melihat iklan saja? tentu tidak kan… maka mengutamakan tulisan atau artikel blog bisa menjadi harga mahal dari blog yang kita kelola.

Semoga salah satu Contoh Bisnis online gratis tanpa modal bisa bermanfaat.