Cara Membuka dan Memulai Usaha di Bidang Jasa

By | 25 February 2013

Cara Memulai Peluang Usaha di Bidang Jasa

Memulai Usaha Jasa Setiap orang punya ketrampilan, pengetahuan, mungkin juga pengalaman dan siapapun juga dapat mengubah aset tersebut menjadi sesuatu yang menghasilkan keuntungan dalam bentuk uang. Setiap orang memiliki kualitas, karena masing-masing punya ketrampilan dan pengetahuan dimana orang lain bersedia membayar dalam bentuk jasa, atau mereka bersedia membayar kita untuk mengajarkan ketrampilan atau pengetahuan yang kita miliki.

Tak ada batasan dalam menjual jasa, siapapun yang berkebutuhan atau punya keinginan untuk menghasilkan tambahan pemasukan dapat menjalankan usaha dalam bentuk jasa, terlepas dari faktor umur, pengalaman berwirausaha, pendidikan maupun sumber finansial.

Apakah keuntungan dari usaha jasa?

Banyak keuntungan yang didapat dengan merintis usaha menjual jasa ini. Keuntungan yang diperoleh diantaranya adalah karena kita menjadi bos bagi diri sendiri kita sendiri dan masa depan kita, adalah kita sendiri yang menetukan, bukan orang lain. Bekerja sendiri adalah sebuah kebebasan dan kemandirian, yang tak didapatkan jika kita bekerja untuk orang lain. Membangun usaha sendiri juga memberikan potensi tambahan penghasilan, bisa saja dua kali lipat, atau lima bahkan sepuluh kali lipat dibanding yang biasa kita dapatkan di tempat kerja orang lain.

Karena ketika kita bekerja untuk orang lain, hanya ada diri kita dan begitu banyak jam dalam sehari untuk menghasilkan upah atau gaji. Namun, Ketika menjalankan usaha sendiri, yang kita andalkan adalah diri sendiri bahkan mempekerjakan orang tau karyawan untuk meningkatkan pendapatan kita. Kita bisa membidik konsumen atau pelanggan dan menemukan lebih banyak lagi orang untuk membeli jasa kita dan juga bisa menggandakan model bisnis dan membuka area baru untuk melayani lebih banyak konsumen dan menghasilkan keuntungan yang lebih besar lagi.

Namun itu semua tak bisa kita dapatkan jika bekerja di tempat orang lain, kalaupun kita bisa melakukannya, maka akan menguntungkan pemilik usaha secara finansial ketimbang kita sendiri. Memaksimalkan ketrampilan Anda Tak usah khawatir jika ketrampilan dan pengalaman bisnis yang kita miliki kurang memadai, seperti di bidang pengelolaan waktu, kontak penjualan, negosiasi, pembukuan, dan kemampuan dalam menciptakan iklan yang efektif.

Tak perlu dipertanyakan lagi bahwa semua ketrampilan ini penting untuk dimiliki setiap pelaku usaha, namun dalam waktu yang bersamaan ada juga ketrampilan yang bisa dipelajari dan dikuasai sambil menjalankan usaha. Namun demikian, yang terpenting yaitu “Ketrampilan apa yang kita punya untuk bisa dijual menjadi peluang usaha jasa?” Apapun ketrampilan yang kita miliki, bisa menjadi ketrampilan terbaik dan merupakan aset terbesar kita.

Jika kita tahu bagaimana membuat rencana dan mengadakan sebuah pesta, itu juga merupakan ketrampilan dimana orang bersedia membayar kita untuk merencanakan dan mengelola acaranya. Jika kitaa mengetahui bagaimana memainkan piano, ini juga merupakan ketrampilan dimana orang lain akan membayar kita jika kita mengajarinya. Dan berlaku untuk semua ketrampilan yang kita miliki untuk kita jual jasanya. Perlu kita buang jauh-jauh pola pikir yang selalu menyatakan “ada uang bisa berkembang”. Membuka dan Memulai usaha tanpa modal uang, merupakan langkah awal terbaik untuk membangun karakter jiwa usahawan.



-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *