Cara Membuat Fruit Carving – Peluang Bisnis Terbaru Saat ini

By | 23 August 2012

Kita bahas dulu apa itu yang dimaksud fruit carving. Pengertian fruit carving adalah sebuah seni yang menghidangkan makanan dengan keindahan, biasanya media yang dipergunakan adalah buah-buahan yang mempunyai tekstur yang lunak. Seni memahat atau mengukir buah ini semakin banyak diminati masyarakat. Dan kabar baiknya profesi memahat buah ini dapat menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan. Hal tersebut dikarenakan permintaan mengukir buah-buahan itu cukup tinggi. Fruit carving biasanya dapat kita jumpai dalam berbagai acara pesta dinataranya acara pernikahan, ulang tahun, gathering perusahaan dan lainnya. Tujuannya selain sebgai penambah selera makan, hiasan ini juga demi menarik perhatian tamu undangan saat jamuan makan berlangsung.
Pengertian dan Cara Membuat Fruit Carving - Peluang Bisnis Usaha Terbaru Saat ini
Contoh pelaku dalam usaha fruit carving ini namanya Norman Avianto. Pria ini juga mempunyai bisnis katering. Dia memang tidak secara kusus menjual seni fruit carving ini. Norman ternyata mengemas fruit carving ke dalam setiap paket kateringnya. Hal tersebut dimaksudkan agar kateringnya berbeda dari yang lain. Sebelum buka usaha sendiri, awalnya dia belajar mengukir buah ketika masih bekerja di sebuah hotel. Norman telah ahli mengukir di banyak media, contohnya buah, mentega, cokelat, juga es.

Keindahan seni pahat ini biasanya ditambajkan untuk mempercantik penampilan makanan yang disajikan di acara resepsi dan pesta. Beberapa macam buah yang biasa diukir agar tampil lebih menarik diantaranya semangka, labu, melon, pepaya dan mangga. Bentuk buah hasil pahatan pria ini biasanya flora dan fauna. Misalnya seperti bunga, angsa ikan dan kelinci. Dia juga dapat membentuk kreasi lainnya sesuai selera pelanggan. Contohnya inisial huruf dari nama pengantin ataupun nama yang sedang berulang tahun. Dibutuhkan waktu kurung lebih 3 jam untuk mendapatkan desain yang diinginkan. Pemahatan buah terhitung cukup sulit karena butuh detail dan pembentukan gradasi yang baik.

Untuk omzet sebagai gambaran dalam waktu satu bulan, Katering milik Norman mendapatkan 4 sampai 8 pesanan katering. Total omzet Cateringnya ini mencapai kisaran Rp100.000.000 perbulannya dengan keuntungan kira-kira 20persen.

Berikut cara membuat fruit ala Norman

1. Norman menyatakan cara membuat fruit carving yang akan dipahat, buahnya harus dalam kondisi segar dan juga tidak terlalu matang.

2. Langkah selanjutnya dibuat dulu pola yang akan dipahat. Sang pengukir juga harus menentukan bagian buah akan menjadi apa. Contoh untuk membentuk buket bunga pada semangka, warna hijau bagian paling luar akan dijadikan daun. Sedangkan warna merah akan dijadikan bunga dan warna putih akan dijadikan gradasi agar bentuk bunga terlihat.

3. Alat yang digunakan untuk mengukir antara lain seperangkat pisau ukir buah atau pisau garnish. Pisau semacam itu biasanya mempunyai bentuk kusus. Bbentuknya seperti parutan, bengkok dan lainnya.

4. Tingkat kesulitan dalam mengukir buah ini cukup tinggi. Pemahat harus teliti karena sekali salah gores atau potong bisa menghancurkan desain awal. kemudian setelah diukir, buah biasanya dibungkus dengan plastik wrap yang kedap udara dan disimpan di kulkas dengan dingin standar (bukan frezer). Dan buah ini dapat bertahan 3 hingga 4 hari kedepan.