Cara Jualan Online Gratis Tanpa Modal

By | 1 December 2012

Cara Jual Produk Secara Online di Internet Via Facebook Kaskus Toko Bagus Twitter dan Lainnya

Cara Jualan OnlineMenjual barang lewat media online menjadi tren baru belakangan ini, tapi masih banyak orang yang belum mengetahui tentang bagaimana cara jualan online gratis tanpa modal atau tidak harus mengeluarkan uang. Berikut adalah proses Cara Jualan Online dan beberapa tempat jualan produk yang dipasarkan lewat media online di internet dengan gratis.

1. Siapkan produk yang akan kita jual. Semua jenis produk bisa kita jual secara online, entah itu produk fisik maupun produk digital. Tinggal kitaa tentukan saja barang apa yang akan dijual, contohnya kita akan menjual baju batik pekalongan maka siapkan dulu baju batiknya lalu foto tampilannya dan tetapkan harga. Setelah foto, harga, dan barang telah siap maka tahap awal untuk membuat toko online telah kita lakukan.

2. Tentukan tata cara pembeliannya. Jika ada orang yang melihat barang yang kita jual, lalu tertarik untuk membeli maka dia akan mencari prosedur pembeliannya. Maka sebelum kita pasarkan secara online, tetapkan dulu sistem pembeliannya. Contohnya via sms dengan format “BELI KEMEJA 025 1PCS PURWOKWRTO” kirim ke 08155687***. Setelah itu pembeli akan menerima konfirmasi dari kita mengenai jumlah uang yang harus ditransfer setelah ditambah ongkos kirim. Lalu setelah transfer maka pembeli sms konfirmasi lalu terakhir baju batik anda kirimkan via POS atau jasa kurir.

3. Pilih media online yang gratis. Produk dan sistem penjualan telah ditetapkan, langkah selanjutnya kita mencari media online gratis mana yang akan digunakan. Ada banyak pilihan tentang web penyedia layanan gratis yang bisa digunakan untuk memajang barang dagangan kitaa. Misalnya yaitu Facebook, Kaskus, Twitter, Toko Bagus, Berniaga, Blogger dan banyak lagi yang lainnya. Semua media yang telah disebutkan tadi 100% gratis tanpa modal sepeserpun, tinggal kita mengelolanya dengan serius. Untuk panduan membuat listing produk di media tersebut kita bisa cari dari sumber lain.

4. Ide promosi kreatif. Setiap media online yang kita gunakan punya cara promosi efektif masing-masing. Tentu sangat berbeda ketika kita mempromosikan barang yang ada di Facebook dengan barang yang kita postkan di Kaskus. Gunakanlah teknik promosi yang baik, sopan, jujur, tapi jangan sekali kali melakukan spam. Misalnya anda mengirim e-mail ke alamat email orang lain yang tidak anda kenal, atau berkomentar di blog orang lain dengan tulisan menawarkan produk, itu semua termasuk SPAM. Sebaiknya kita buat komunitas sebesar mungkin, baru kita tawarkan produk dengan diselingi bahasan seputar minat komunitas tersebut.

5. Layani pesanan dengan cepat. Jika ada seseorang yang memesan barang, maka ini merupakan kesempatan berharga untuk menunjukkan kepada pelanggan tentang keseriusan kita dalam bisnis tersebut. Satu orang yang merasa puas berbelanja online di tempat kita, maka dia akan memberikan testimoni yang baik terhadap komunitas online yang lain. Sebaliknya juga jika satu orang kecewa, maka ia akan menumpahkan kekecewaannya itu di internet sehingga akan menghancurkan jalannya bisnis online kita.

Cara jualan online gak sulit kok, asal kita serius menekuninya. Selamat membuka usaha.