Cara Jadi Pengusaha Muda yang Sukses

By | 25 June 2012

Cara Jadi Pengusaha Muda yang SuksesTakut gagal adalah alasan banyak orang tidak mau memulai usaha. Hermas Puspito dari ELC Digital Company membagikan bagaimana Cara Menjadi Pengusaha Muda yang Sukses. Berikut langkah yang harus dilakukan untuk mulai jadi seorang entrepreneur tersebut

1. Persiapan mental. Banyak orang yang takut memulai usaha, ini karena dalam pikirannya sudah tertanam mental takut gagal atau bingung memulai usaha. Ada juga orang yang memiliki mental jika ingin membuka usaha harus memiliki rencana bisnis yang sempurna. Rencana bisnis diperlukan, tetapi tidak harus sempurna karena dapat disempurnakan ketika bisnis telah berjalan. Seorang pengusaha harus memiliki mental fokus dan disiplin. Dua hal ini diperlukan untuk menjalankan rencana bisnis yang telah dipersiapkan. Kalau mentalnya harus sempurna, kapan mulai bisnisnya.

2. Modal. Modal adalah salah satu faktor penting dalam memulai bisnis. Banyak orang ingin memulai usaha, tetapi tidak memiliki modal sehingga tidak berjalan seperti yang diharapkan. Modal terbagi menjadi tiga, modal sendiri, mencari modal dari investor atau bank, dan modal partnership. Modal sendiri dapat diraih dengan cara menabung, atau bisa juga memulai bisnis sendiri dengan tanpa modal seperi menjadi reseller (pengecer) sebuah barang. Reseller itu entrepreneur tahap satu, yang pelan-pelan naik jadi wirausaha sendiri. Sementara untuk modal dari investor atau bank, dibutuhkan perencanaan bisnis yang baik. Serta modal ketiga adalah partnership, yaitu menggunakan aset yang sudah ada sebagai modal bekerja sama dengan orang lain.

3. Mulailah sekarang. Dalam menjalankan bisnis seorang pengusaha harus terus mengembangkan diri dengan membaca buku dan mendatangi seminar-seminar pengusaha untuk memotivasi diri.