Cara Budidaya Lidah Buaya dan Analisa Peluang Usaha-nya

By | 18 July 2012

Cara Budidaya Lidah Buaya dan Analisa Peluang Usaha Bisnis menguntungkanUsaha pengolahan Tanaman Lidah Buaya atau aloe vera sudah dijalankan di indonesia sejak 5 tahun terakhir. Daerah diindonesia yang paling banyak membudidayakan dan menanam antara lain Pontianak, Kalimantan Barat, Malang, Bali, dan Yogyakarta. Budidaya menanam aloe vera ini, untuk memenuhi pasar ekspor menuju negara Jepang.

Jepang merupakan negara pengguna lidah buaya terbesar di dunia. Disana, kebutuhan akan tanaman segar ini mencapai 20 kontainer atau setara 300ton perbulannya. Melihat kebutuhan pasar ekspor yang besar tersebut, maka budidaya lidah buaya menjadi peluang bisnis yang menguntungkan kedepannya. Dan kabar baiknya, linkungan tumbuh dari tanaman ini sangat cocok untuk dikembangkan di daerah tropis seperti di indonesia.

Cara Budidaya Menanam Lidah Buaya yang Baik

Langkah pertama adalah menyiapkan lahan. Siapkan lahan yang sudah dibajak. Lalu dibaukan saluran drinase an bendengan. Bendengan dibuat dengan ukuran 1meter kali 2meter dan tinggi 30cm hingga 40 cm.

Langkah kedua lakukan pembibitan. Pembibitan dilakukan dengan cara vegetatif. Maksudnya bibit diambil dari tanaman induk berupa anakkan dengan jalan dicongkel dan diusahakan agar akarnya tidak putus. Anakan yang telah di dapatkan ditanam dalam polibag. Lama pembibitan berkisar antara tiga hingga lima bulan.

Langkah ketiga Setelah masa pembibitan mencapai waktu yang ditentukan, kemudian bibit tanaman lidah buaya ditanam dalam lubang dengan kedalaman kurang lebih 10 cm. Pada waktu penamanan diusahakan agar tanaman lidah buaya tidak berhimpitan.

Langkah keempat Pemeliharaan tanaman lidah buaya dilakukan dengan cara memasukan pupuk kandang kurnag lebih dua sampai lima kilogram dalam waktu 1-2 minggu sebelum ditanam. Kemudian setelah pasca tanam dapat diberikan pupuk Urea dan Furadan. Lidah buaya sudah dapat dipanen pada umur delapan bulan sampai satu tahun setelah tanam.



-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *