Buka Usaha Yang Tepat Bagi Pemula

By | 13 October 2018


Buka Usaha Yang Tepat Bagi PemulaMemilih Usaha Yang Tepat

Ada banyak bidang usaha yang dapat dijalankan. Namun, ada beberapa jenis usaha yang mengharuskanmu untuk bertemu dengan lebih banyak orang dan menjual barang dagangan sehingga kemampuan marketing-mu harus diasah. Ada pula bidang usaha yang mengajarkan orang lain, menghibur, atau hanya sekadar berhadapan dengan komputer.

Memilih Usaha dan Mengembangkan Produk


Tips Memilih Usaha Sampingan Mudah dan Minim Modal

Karena begitu banyak bidang usaha yang ditawarkan, membuat kamu bingung untuk memilih bidang usaha tersebut. Cara yang terbaik adalah memilih bidang usaha yang sesuai dengan karakter dan minat kamu. [ika kamu memilih usaha yang sesuai dengan karakter dan minat, maka ketika menjalankan usaha ini akan terasa ringan dan bersemangat lebih untuk mengembangkan usaha tersebut. Tapi akan terasa sangat memberatkan iika usaha yang kamu jalankan tidak sesuai dengan karakter dan minatmu.

Dalam menjalankannya pun kamu harus bekerja ekstra dan terasa berat. Usaha yang tidak sesuai dengan minat dan karakter kamu bisa juga berhasil dan sukses, asalkan ada kemauan dari diri sendiri untuk belajar dan menjalankannya. Selain itu, membutuhkan waktu dan semangat agar usaha ini berhasil dan sukses. Oleh karena itu, pilihlah usaha yang sesuai dengan karakter dan minat kamu.

Katakter seseorang juga akan memengaruhi kineria bisnis yang akan dijalankan. Misalnya, ada sebagian orang yang senang berkumpul dengan orang lain dan merasa kurang cocok dengan pekerjaan yang memaksanya untuk berhadapan dengan komputer selama beriam-iam Tapi, ada iuga orang yang senang melakukan pekerjaan dengan suasana tenang, tidak berhadapan dengan orang banyak, dan membutuhkan waktu sendiri.

Sementara itu, ada juga orang yang tidak menyukai tawar-menawar atau memperiualbelikan barang. Orangorang seperti ini sangat cocok memilih bidang pekerjaan seperti penulis, perancang, atau pengajar. Sedangkan orang-orang yang suka bersosialisasi, menawarkan barang, dan cepat akrab dengan lingkungan baru lebih tepatnya ia membuka usaha seperti distributor multilevel marketing, agen asuransi, guru, dan sebagainya.

Sebagai gambaran ada orang yang bersifat elutroven. introvert, dan ambivert. Orang ekstroven adalah orang yang mudah bergaul dengan orang lain, lebih ekspresif. dan terbuka. Orang yang berlawanan karakternya adalah mtmven. Biasanya mereka lebih tertutup, lebih senang menghabiskan waktu sendiri daripada berkumpul dengan orang lain. kurang ekspresif, tampak pemalu dan pendiam. Sedangkan orang ambivert adalah gabungan dari kedua karakter yaitu ekstrovert dan introvert. Mereka yang memiliki sifat seperti ini, biasanya merasa senang bergaul dengan orang lain. namun di lain sisi ia bisa menikmati saat-saat di mana ia sendirian. Ia bisa saia terbuka tapi masih mampu menyimpan rahasia dan perasaannya.

Karena sifatnya senang bersosialisasi. merasa nyaman bila menawarkan barang dagangan ke orang lain. orangorang yang bersifat ektrovert sangat cocok menjalankan bisnis yang berhubungan dengan iual-meniual barang atau produk iasa. Bisnis yang bisa dijalankan antara lain, agen asuransi, distributor muitilevel marketing, peniual kosmetik, pengajar, dan sebagainya.

Orang-orang yang mempunyai sifat lebih senang bekeria sendiri, kurang menyukai bertemu dengan orang lain, dan tampak pendiam atau pemalu merupakan sifat-sifat orang introven. Bidang bisnis yang cocok bagi mereka adalah penulis, online marketing, perancang gratis, dan sebagainya.

Berbeda dengan orang yang mempunyai gabungan sifat antara ekstrovert dan introvert, karena orang-orang ini memiliki sifat senang bergaul dengan orang lain namun di lain sisi ia bisa menikmati saat-saat ia sendiri, Orang yang memiliki sifat seperti ini disebut ambivert. Orang seperti ini bisa menyesuaikan jenis usaha apa pun, misalnya iumalis, wartawan, MC, pengajar, konsultan paiak, dan sebagainya.


Siap Berbisnis ?

Ada sebagian orang yang sudah mengetahui bidang bisnis apa yang akan dijalankan dan sudah mempersiapkan berbagai hal yang berkaitan dengan bisnis tersebut. Persiapannya pun sudah matang, mulai dari modal, lokasi, maupun usaha yang akan dijalankan. Tapi ada sebagian orang yang masih bingung mau usaha apa dan tidak tahu memulainya dari mana. Hal yang harus dilakukan setelah mengambil keputusan untuk membuka bisnis seperti tertera berikut ini.

  1. Carilah informasi sebanyak-banyaknya. Dari informasi yang kamu peroleh, pilahlah informasi tersebut. Kemudian pilihlah bisnis yang sesuai dengan minat dan karakter yang kamu miliki.
  2. Mulailah usaha dari apa yang kamu miliki. Misalnya, saat ini kamu mempunyai garasi mobil yang belum terpakai. Garasi mobil ini bisa disulap menjadi café, tinggal menambahkan meia serta kursi dan menyiapkan makananan ala cafe’. Penggunaan garasi ini juga menghemat dana untuk sewa tempat.
  3. Buatlah daftar kebutuhan. Tulislah semua kebutuhan yang kamu perlukan dan lakukan surveiharga.
  4. Buatlah daftar barang-barang yang sudah kamu miliki. Siapa tahu dari barang-barang yang sudah kamu miliki bisa digunakan untuk membuka bisnis dan menghemat pengeluaran.
  5. Melihat kembali kapasitas uang kamu. Belanialah kebutuhan-kebutuhan yang sangat diperlukan dan mendesak. Untuk belanja yang tidak perlu sebaiknya ditunda terlebih dahulu. Karena uang yang tersedia bisa dialokasikan ke hal-hal lain. Misalnya, sewa tempat, iika usaha yang kamu rintis membutuhkan sewa tempat.
  6. Mempersiapkan alat promosi. Pilihlah alat promosi yang murah terlebih dahulu, misalnya iklan baris atau menggunakan media sosial sepeni Facebook, Instagram, Twitter, dan lain-lain.
  7. Aiaklah orang-orang yang bisa diajak kerja sama. Tapi, mengaiak orang untuk bekerja sama harus benar-benar ieli dan cerdas. Artinya, paham kemampuan orang yang diaiak keria sama dan mengenal karakter orang tersebut.

Memilih Usaha Yang Cocok


Nah, bagaimana dengan kamu? Sudah siap memulai bisnis? Kalau sudah siap, mari berbisnis dan hadapilah semua tantangan! Kini saatnya kamu mencoba kemampuan bisnismu. Memasuki dunia baru yang pastinya penuh tantangan. Di sinilah kreativitas, inovatif, dan ide-ide baru yang menjadi modal dasar kamu sekarang! Modal ini harus kamu persiapkan agar dapat maju berkiprah di dunia bisnis. Selamat datang di dunia bisnis, dunia penuh tantangan dankrea
tivitas!