Bisnis Modal Kecil Untuk Mahasiswa – Usaha Jasa Pengetikan

By | 10 September 2012

Peluang Usaha Jasa Ketik Modal Kecil Buat Anak Kuliahan

Bisnis Modal Kecil Untuk Mahasiswa - Usaha Jasa PengetikanMenjadi mahasiswa bukan berarti tidak ada peluang untuk mencari penghasilan sampingan atau sekedar buat tambah-tambah uang jajan. Berada di lingkungan mahasiswa sebenarnya adalah posisi yang menguntungkan untuk membidik sebuah bisnis. Jika anda adalah mahasiswa yang sedang menjalani sebuah study dan ingin mencari penghasilan sampingan, manfaatkan momen ini. Dunia pendidikan sudah tidak bisa dipisahkan dengan hal-hal berupa data tertulis maupun softcopy.

Tidak semua mahasiswa punya computer, laptop atau printer untuk mencetak data. Ini merupakan kesempatan buat yang punya keahlian mengetik. Cukup bermodalkan computer dan printer anda sudah bisa berbisnis kecil-kecilan dan bisa mendapatkan banyak keuntungan jika bisa membidik konsumen dari beberapa teman ataupun dari lingkungan sekitar. Beragam alasan mengapa memilih bisnis ini antara lain; tidak semua orang memiliki computer atau pun printer. Bila pun punya, tidak semua orang memiliki cukup waktu untuk mengerjakannya. Kebutuhan pengetikan dokumen terjadi hampir tiap hari. Ketrampilan dan besarnya modal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha ini relatif mudah dan terjangkau.

Mulailah berbisnis
Siapkan kebutuhan pokok seperti 1 set computer lengkap, 1 set printer, plang nama atau tuliskan di selembar kertas bertuliskan “MENERIMA JASA KETIKAN” ditempel di dinding depan rumah atau tempat lain, lalu belanja kertas HVS secukupnya, buku catatan transaksi dan nota bila perlu. jika modal untuk kebutuhan komputer belum tersedia, bisa juga disiasati dengan pergi ke tempat rental komputer dengan harga terjangkau untuk menyelesaikan order. Buatlah promosi sederhana, bisa dengan menyebarkan brosur, pamflet, menempel selebaran di tempat-tempat umum, atau menginformasikan kepada semua teman kampus.

Anggaran belanja Usaha Jasa ketikan ini
1 set computer, jika hanya untuk kebutuhan pengetikan tidak memerlukan speck computer yang lebih tinggi disbanding speck computer untuk kebutuhan lain semisal game atau computer perkantoran. Untuk 1 set computer Pentium 4 bekas beserta monitor biasanya bisa ditebus dengan harga kurang dari 2 juta. Lalu untuk satu set printer biasanya berkisar 500 sampai dengan 800 ribu rupiah. Untuk perlengkapan lain yaitu kertas HVS dan tambahkan CD jika perlu, untuk belanja ini biasanya menghabiskan dana kurang dari 100 ribu. Jika dirinci dengan modal uang kurang dari 3 juta rupiah kita sudah bisa mendirikan sebuah usaha kecil yang menguntungkan.

Tips guna menjalankan Bisnis Modal Kecil Untuk Mahasiswa ini
Bisnis ini termasuk usaha jenis jasa, maka utamakanlah kepuasan pelanggan. Ini dapat membantu membangun citra positif bagi usaha yang sedang dirintis. Pahami dengan jelas apa sebenarnya yang dikehendaki pelanggan. Konfirmasikan detail order yang sedang diterima, agar tidak terjadi kesalahan saat diseta dan juga untuk mengurangi resiko kesalahpahaman, sebelum memulai mengerjakan order ketikan. Penyelesaian order haruslah tepat waktu sesuai dengan kesepakatan, karena pekerjaan apapun seharusnya dilakukan dengan sikap profesional. Jika kebanjiran order, kurangi resiko dengan menolak order melebihi kemampuan beban kerja. Jika anda mahasiswa kreatif..! mulailah berbisnis dari sekarang.