Bisnis Kecil-kecilan yang Menguntungkan – Usaha Keripik Singkong

By | 7 December 2012

Peluang Usaha Keripik Singkong, Bisnis Kecil-kecilan yang Menguntungkan

Bisnis Kecil-kecilan yang MenguntungkanSiapa yang tak kenal dengan kripik singkong dengan rasa renyah dan gurihnya, ataupun dengan manis pedas balado dan berbagai macam varian rasa yang ditawarkan. Prospek pasar untuk bisnis kecil-kecilan kripik singkong ini masih sangat luas dan beragam, mulai dari masyarakat tingkat menengah ke bawah sampai target pasar yang lebih luas lagi.

Makanan ringan yang gurih dan juga merakyat ini telah lama menjadi bagian dalam menopang perekonomian di Indonesia. Karena produksi kripik singkong yang ada pada saat ini, dari mulai industri yang paling kecil sampai industry yang paling besar. Sehingga ini memberikan banyak kesempatan bagi usahawan-usahawan baru yang ingin berbisnis dalam skala kecil.

Banyak pilihan cara dalam memasarkan produk bisnis kecil-kecilan yang menguntungkan ini, diantaranya adalah:

  • Mulailah dari yang kecil, kenalkan keripik singkong kepada teman teman dekat, tetangga di sekitar komplek kita. Berikan sedikit tes produk agar mreka bisa tahu rasa keripik singkong buatan kita, dan jika rasanya dinilai enak, maka ini merupakan peluang pasar yang bagus.
  • Jika keripik singkong kita mulai dapat diterima dan banyak konsumen, mulailah merambah pasar baru dengan cara menitipkan di toko toko, minimarket atau toko khusus oleh-oleh terdekat.
  • Jika modal semakin kuat kita juga bisa membeli beberapa gerobak dorong untuk pemasaran yang lebih luas, dengan mempekerjakan orang di sekitar kita. Sekedar gambaran saja, jika sudah punya sepuluh gerobak aktif maka kita sudah menjadi juragan keripik singkong.
  • Manfaatkan juga teknologi internet dan jejaring sosial seperti Facebook dan twiter sebagai sarana promosi yang efektif dalam jangka panjang.
  • Gunakanlah cara menjual yang kreatif yang hanya tak banyak orang menjalaninya. Sebagai contoh menjual kripik singkong di sebuah acara-acara seperti bazaar maupun acara yang lain. Dengan memanfaatkan momen keramaian tersebut maka semakin di kenal produk kita di masyarakat.

Bahan utama untuk membuat kripik singkong adalah:
a. Singkong
b. Alat pemotong khusus kripik singkong
c. Soda kue atau kapur sirih

Biasanya semua bumbu masakan bisa kita pakai, beli saja bumbu jadi atau bumbu kering halus yang biasa tersedia di pasar. Bisa juga pakai bumbu rendang, bumbu kari, atau bumbu kacang. Eksperimen juga perlu di sini, karena keripik singkong sendiri memang tak punya bumbu paten. aneka sambel juga bisa dipakai bumbu, seperti sambel terasi, sambel goreng, sambel petis dsb, hanya saja tak perlu ditambahkan tomat, karena jika memakai tomat singkong akan berjamur.

Memulai bisnis kecil-kecilan merupakan langkah awal yang tepat agar mengetahui proses dan seluk-beluk dalam membangun sebuah usaha. Meski skala bisnis kecil-kecilan namun potensinya untuk menjadi bisnis besar sangat mungkin. Tinggal kesiapan kita saja untuk menjadi pebisnis besar.



-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *