Usaha Rumah Makan Padang – Bisnis Anti Bangkrut

By | 8 July 2012

Peluang Usaha Rumah Makan Padang - Bisnis Anti BangkrutSudah banyak yang mengetahui bahwa masakan padang rendang, menjadi nomer satu dalam kategori makanan terlezat di dunia. Hal tersebut secara otomatis menambah pamor masakan Padang yang mempunyai basis penggemar yang luas bahkan di luar Sumatra Barat dan Indonesia. Karena itulah, usaha rumah makan Padang tidak pernah surut dan selalu ditemui di berbagai tempat.

Nah jika Anda tertarik untuk membuka usaha yang disebut salah satu buku sebagai bisnis anti bangkrut ini, berikut langkah-langkahnya

1. Susun rencana bisnis. Yang pertama rancang Business plan atau sebuah perencanaan yang biasanya meliputi banyak aspek penting. Beberapa di antaranya adalah lokasi, modal, harga bahan makanan, upah pegawai, perijinan, dan lain-lain.

2. Hitung modal awal yang dibutuhkan. Kalkulasi modal awal yang diperlukan untuk mendapatkan lokasi dan bangunan yang akan dijadikan rumah makan Padang. Biaya ini bisa berupa biaya sewa atau renovasi tempat. Sertakan juga investasi peralatan memasak ke dalam perhitungan.

3. Tetapkan harga. Lakukan penelitian kecil untuk mengetahui harga normal berbagai menu di rumah makan Padang lainnya terutama yang lokasinya berdekatan. Bila memang terpaksa harus mematok harga lebih mahal, pastikan makanan yang kita jual memiliki nilai tambah. Nilai tambah itu bisa berupa porsi yang lebih besar, atau variasi menu yang lebih banyak, dan sebagainya.

4. Tentukan lokasi. Memilih lokasi yang tepat adalah sebuah kunci keberhasilan usaha rumah makan Padang. Selezat apapun masakan, jika lokasi tempat yang dipilih kurang tepat, usaha bisa tutup. Pilih lokasi yang ramai, mudah dijangkau, dilihat, dan dikenali orang. Kebersihan dan keamanan lokasi juga perlu dipertimbangkan.

5. Rekrut pegawai. Setidaknya diperlukan seorang juru masak, seorang pegawai dapur , seorang pramusaji, dan satu pegawai kasir untuk memulai usaha ini. Jika memang dana masih terbatas, tak ada salahnya jika kita terjun sendiri mengelolanya atau mengajak teman, anggota keluarga untuk bersama mengelola rumah makan.

6. Pemasaran dan promosi. Sebelum membuka rumah makan secara resmi, sebarkanlah selebaran ke masyarakat sekitar lokasi. Cantumkan kapan rumah makan akan buka, di mana alamatnya, berapa diskon yang diberikan jika mereka bersedia menjadi pelanggan di hari pertama pembukaan, dan sebagainya.